Categories
Uncategorized

Beberapa Bahan Membuat Masker

Masker sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan terutama di era pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Orang sekarang sudah bisa membuat masker sendiri, asalkan tahu bahan membuat masker yang benar itu seperti apa.

Penggunaan masker medis memang sekarang banyak dihindari, ini supaya para tenaga medis tidak kekurangan masker untuk mereka. Nah pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan apa saja sih bahan yang bisa dipakai untuk kita membuat masker sendiri.

Bahan Untuk Masker

Penggunaan masker memang sudah menjadi satu kewajiban sekarang, dan kita pun sudah bisa membuat masker sendiri. Sebelum kita membuat masker sendiri, kita harus tahu dulu apa sih bahan yang tepat untuk digunakan supaya penggunaannya itu bisa efektif.

Jadi justru malah kita harus tahu persis bahan apa saja yang bisa dipakai dan memang memenuhi standar untuk bisa dipakai saat Corona. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa bahan yang memang bisa untuk dipakai dalam membuat masker.

1. Katun (Kapas)

Bahan yang sekarang ini paling banyak digunakan untuk dijadikan bahan untuk membuat masker itu adalah kain katun. Bahkan beberapa ahli dan pakar pun menjelaskan bahwa penggunaan kain katun itu memang sangat tepat untuk digunakan masker.

Ini karena partikel kain katun yang sangat kecil, sehingga virus tidak akan bisa masuk melaluinya dan tidak bisa terhirup oleh penggunanya. Sehingga ini adalah salah satu bahan membuat masker yang paling baik untuk dipergunakan.

2. Kertas

Ada penelitian yang menjelaskan juga bahwa tisu kertas dan juga tisu yang banyak di toko pun bisa dipakai bahan masker. Bahan ini bisa memberikan perlindungan yang maksimal akan tetapi juga memberikan keleluasaan dalam bernapas. Kertas seperti filter kopi itu sebenarnya sangat aman, akan tetapi akan membuat orang yang menggunakannya itu akan sulit bernapas. Jadi lebih tepat memang menggunakan tisu kertas yang biasa dipakai.

3. Nilon

Bahan berikutnya yang bisa digunakan juga itu adalah bahan nilon, terutama untuk bahan nilon dengan jenis 70D. Bahan ini sangat efektif dalam menyaring berbagai macam virus dan juga memungkinkan pengguna bahan ini untuk bisa bernapas dengan mudah. Akan tetapi ada juga bahan nilon jenis lain seperti 40D pun juga bisa dipakai karena bisa menyaring dengan sangat baik. Namun bahan membuat masker nilon 40D ini tidak mudah untuk bernapas.

4. Serat Alami

Berikutnya adalah bahan-bahan dengan serat alami itu adalah bahan yang memang sangat tepat dipakai untuk membuat masker. Banyak penelitian yang menunjukkan bahan serta alami itu memiliki kemampuan yang bisa menyaring virus secara maksimal. Sehingga memang itulah beberapa bahan yang bisa dipakai untuk membuat masker sendiri.

Kombinasi Bahan Masker

Supaya kualitas masker yang baik itu adalah menggunakan kombinasi bahan, jadi bukan hanya satu bahan saja untuk masker. Jadi harus ada lapisan-lapisan dalam masker agar supaya bisa melindungi dan membuat virus tidak bisa tembus masker itu. Kombinasi bahan katun dengan tisu di dalamnya itu cukup efektif untuk bisa menghalau virus Corona Pada dasarnya bahan membuat masker itu banyak pilihannya, namun yang penting kita harus membuatnya berlapis.

Ada banyak sekali informasi soal masker ini yang harus kita ketahui supaya kita bisa menggunakan masker dengan baik selama Corona. Informasi kesehatan terpercaya itu bisa kita dapatkan dengan mudah di Ngovee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *