Categories
Dunia Kesehatan

Beberapa Gejala Kurang Kalsium Dan Rekomendasi Dosisnya

Kalsium menjadi asupan penting bagi setiap manusia. Karena manfaat dari kalsium ini memang sangat banyak dan beberapa bahkan sangat penting. Maka dari itu, anda harus tahu akibat kekurangan kalsium dan juga seberapa dosis kalsium yang dibutuhkan. Sehingga akan bisa mengantisipasi anda untuk hidup lebih baik dengan pola yang lebih tepat.

Beberapa Potensi Masalah Kesehatan Karena Kurang Kalsium

Sebenarnya ada cukup beragam masalah pada kesehatan seseorang jika kekurangan kalsium. Berikut ini ada beberapa gejala kurang kalsium tersebut.

·         Osteoporosis & osteopenia

Ada dua penyakit utama dari kurang kalsium ialah Osteoporosis dan juga osteopenia. Jadi  dua penyakit ini yang menandakan kalau tubuh memang sedang kekurangan kalsium. Penyakit Osteopenia ini bisa saja menyebabkan masalah kepadatan tulang karena bisa berkurang dan bahkan hilang. Maka pada akhirnya osteoporosis bisa muncul.

·         Terdapat masalah pada mulut

Pada saat tubuh kita kurang kalsium, maka tanda akibat kekurangan kalsium yang paling terlihat ialah masalah mulut. Dari bagian tubuh dalam mulut membutuhkan kalsium agar menjadi sehat. Maka tanpanya, banyak nantinya masalah mulut muncul. Lalu akar gigi bisa lemah, bahkan gusi yang bisa teriritasi, gigi menjadi rapuh, dan juga kerusakan gigi lain dapat muncul. Hal ini bisa terjadi pada saat tubuh anda kurang kalsium.

·         Mengalami depresi

Ternyata depresi bisa juga menjadi tanda kalau kita kurang kalsium. Kurang kalsium ini sering kali dituding penyebab dari munculnya depresi. Untuk siapa pun yang sedang depresi maka coba saja berkonsultasilah dengan dokter barang kali hal tersebut karena kurang kalsium. Sehingga bisa juga untuk memastikan seberapa kadar kalsium tubuh anda. Tubuh akan bisa mengambil sisa unsur kalsium yang terdapat dalam tulang bagi keperluan tubuh. Lalu hal ini bisa membuat tulang akan menjadi rapuh serta mudah cedera. Masih ada banyak sebenarnya akibat kekurangan kalsium.

Kadar Kalsium Setiap Hari

Dari setiap kalangan umur akan memiliki rekomendasi asupannya masing-masing. Lebih baik anda pahami rekomendasi dosis harian kalsium tersebut. Agar tubuh Anda tak akan kekurangan kalsium.

1.  Anak-anak 0 hingga 6 bulan = 200 mg

2.  Anak-anak 7 hingga 12 bulan = 260 mg

3.  Anak-anak 1 hingga 3 tahun = 700 mg

4.  Anak-anak 4 hingga 8 tahun = 1.000 mg

5.  Anak-anak 9 hingga 18 tahun = 1.300 mg

6.  Wanita 19 hingga 30 tahun = 1.000 mg

7.  Wanita 31 hingga 50 tahun = 1.000 mg

8.  Wanita 51 hingga 70 tahun = 1.200 mg

9.  Wanita 71 tahun ke atas = 1.200 mg

10.   Pria 19 hingga 30 tahun = 1.000 mg

11.   Pria 31 hingga 50 tahun = 1.000 mg

12.   Pria 51 hingga 70 tahun = 1.000 mg

13.   Pria 71 tahun ke atas = 1.200 mg

Penting memang kita penuhi asupan kalsium ini. Karena bisa saja ada ragam komplikasi dari kekurangan kalsium yang berbahaya. Seperti misal kejang-kejang, lalu masalah nyeri otot serta sendi kronis. Bahkan yang parah yaitu bisa saja menjadi mudah patah tulang dan terjadi disabilitas. Maka usahakan selalu memenuhi asupan kalsium setiap harinya yang normal. Sehingga untuk bisa menjaga tulang dan juga tubuh tetap sehat serta prima hingga sampai usia lanjut dan terhindar dari akibat kekurangan kalsium.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya info seputar ragam kesehatan yang lengkap hanya di Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *