Categories
Dunia Kesehatan

Berapa Dosis Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil?

Vitamin B6 memang berguna sekali untuk para ibu hamil tetapi tidak boleh juga sampai berlebihan dosisnya sebab kalau sampai terlalu banyak dosisnya maka yang dirasakan oleh ibu hamil hanya dampak buruknya saja. Untuk dampak buruknya sendiri adalah kerusakan pada saraf, mati rasa dan juga gangguan-gangguan berbahaya lainnya. Untuk dosis maksimalnya sendiri itu hanya sampai 100 mg saja barulah terasa manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil. Setiap harinya agar tidak mudah mual ibu hamil harus mengkonsumsi 10 sampai dengan 25 mg vitamin tersebut 3 kali sehari.

5 Manfaat Vitamin B6

Salah satu vitamin yang memang bermanfaat sekali untuk proses kehamilan adalah vitamin B6 maka tidak aneh kalau semua sayur dan juga buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut pasti akan dicari terus dan  dikonsumsi. Kekurangan vitamin ini kalau sedang hamil bisa buruk sekali dampaknya dan salah satunya adalah bayi lahir tidak normal, baik bentuk tubuhnya atau juga berat badannya. Makanya ibu hamil itu disarankan sekali harus memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya agar nantinya bisa merasakan manfaat-manfaat seperti di bawah ini.

·         Mencegah Penyakit Jantung

Penyumbatan arteri dan juga penyakit jantung tidak akan diderita ibu hamil kalau vitamin B6 sudah tercukupi, memang salah satu manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil itu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kalau sampai terkena penyakit jantung tersebut jelas berbahaya karena bisa membuat kehilangan nyawa dan kalaupun tidak bisa membuat bayi lahir dengan penyakit yang sama juga. Menurut penelitian menyebutkan kalau ibu hamil yang kadar vitamin B6 rendah lebih beresiko terkena.

·         Membantu Pertumbuhan Otak

Janin lahir dengan saraf otak yang tidak sempurna atau gangguan otak lainnya bisa dikarenakan kurangnya asupan vitamin B6.  Bukan saja otak janin saja yang akan sehat tetapi saraf ibu hamil juga menjadi sehat. Agar otak ini bisa tumbuh dengan baik dan kinerja otak juga bisa meningkat maka perbanyak makan kacang almond atau kacang tanah saja karena kandungan vitamin B6nya ada banyak.

·         Membuat Bobot Bayi Ideal

Salah satu manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil adalah akan membuat berat janin waktu lahir normal atau ideal. Masalah yang seringnya dialami oleh ibu hamil adalah ibu hamil berat badannya selalu bertambah tetapi berat badan janin malah tidak bertambah. Kalau berat badan sampai tidak bertambah pasti waktu lahir prematur salah satu penyebab hal tersebut terjadi karena kadar vitamin B6 itu tidak tinggi.

·         Merubah Lemak Menjadi Energi

Kebanyakan ibu hamil itu banyak sekali lemaknya alias gemuk, lemak dalam tubuh ini sampai menumpuk disebabkan kurangnya olahraga. Selain itu juga disebabkan asupan vitamin B6 juga kurang, kalau terpenuhi pasti tidak seperti itu karena fungsi dari vitamin tersebut adalah mengekstrak lemak jadi energi jadi tidak ada lemak di tubuh.

Inilah Buah Yang Penuh Vitamin B6!

Ibu hamil tidak semuanya suka dengan kacang-kacangan atau sayuran jadi susah mendapatkan vitamin B6, tetapi jangan takut sebab ada juga buah yang mengandung vitamin tersebut. Buah tersebut adalah buah pisang dan pepaya, buah ini selain sudah dari dulu banyak manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil makanya setiap ada yang hamil pastinya mencari kedua buah tersebut.

Dapatkan suplemen dan vitamin sesuai kebutuhanmu di Jovee. Unduh juga aplikasi Jovee lewat Google Play Store dan bisa juga di App Store sekarang juga. Dapatkan pula vitamin terbaik di Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *