Categories
Dunia Kesehatan

Beta Carotene Untuk Apa? Apa Saja Manfaatnya?

Kalian pasti sudah sering lah mendengar yang namanya beta carotene baik di televisi, di radio, ataupun mungkin di kehidupan sehari-hari. Manfaat beta carotene untuk apa pun mungkin sudah sering didengar, akan tetapi mungkin tidak terlalu familiar dan jelas. Sebenarnya beta carotene ini adalah bentuk awal sebelum menjadi vitamin A yang memang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Nah mengenali beta carotene dan manfaatnya ini tentu menjadi satu hal yang penting demi kesehatan tubuh kita.

Sumber Dari Beta Carotene

Sebenarnya sih kalau di Indonesia sendiri memang jarang sekali ditemui kasus pasien yang kekurangan beta carotene. Ini sih sebenarnya karena beta carotene sendiri banyak sekali ditemui di berbagai makanan yang memang biasa dikonsumsi di Indonesia. Beberapa jenis sayuran dan juga buah-buahan itu memang banyak ditemui di Indonesia, dan tanpa disadari kita sering konsumsi lho. Namun ada juga sih kasus dengan penyakit tertentu yang mengharuskan orang memakai suplemen beta carotene dengan dosis tertentu.

Ada beberapa sumber beta carotene yang memang bisa dijumpai dengan mudah di beberapa makanan yang biasa kita makan. Berikut ini beberapa makanan dengan kandungan beta carotene yang dengan melihat informasi beta carotene untuk apa menjadi sangat penting.

1.     Sayuran hijau yang biasa dimakan seperti bayam, kangkung, brokoli

2.     Sayuran umbi berwarna oranye seperti wortel, labu

3.     Cabai dan juga parsley

4.     Buah-buahan seperti blewah, tomat yang berwarna oranye

Manfaat Beta Carotene

Berbicara soal manfaat dari kandungan beta carotene sendiri memang menjadi salah satu hal yang mungkin sering diperbincangkan. Karena memang sebenarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari beta carotene itu sendiri untuk tubuh. Beberapa kandungan dari beta carotene sendiri memang memiliki manfaat yang sangat baik dalam tubuh. Nah berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan dari beta carotene.

1.     Melawan Radikal Bebas

Kegunaan beta carotene yang sekarang ini tengah viral dan jadi pusat perhatian adalah adanya anti oksidan pada beta carotene. Anti oksidan ini akan bisa melawan dan mengurangi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh dan berfungsi memelihara membran sel pada tubuh. Sehingga terbukti bisa mengurangi adanya kemungkinan terjadi kanker di beberapa organ tubuh. Dan memang yang jadi viral itu beta carotene untuk apa? Ya bisa untuk mencegah adanya kanker.

2.     Menjaga Kesehatan Mata

Karena beta carotene itu adalah cikal bakal vitamin A di dalam tubuh, maka ini tentunya akan berpengaruh untuk menjaga mata. Seperti kita ketahui kalau vitamin A itu salah satunya menjaga fungsi mata tetap prima untuk dipakai oleh tubuh kita. Jadi konsumsi beta carotene tentu bisa menjaga mata kalian tetap sehat dan menangkal degenerasi makula akibat penuaan.  

3.     Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Bila ada pertanyaan mengenai manfaat beta carotene, maka kalian bisa menjawab untuk menjaga kesehatan paru-paru. Karena adanya anti oksidan dan vitamin A yang menjaga membran sel dan sel epitel tentu berpengaruh pada paru. Namun kalau terlalu banyak akibat suplemen malah bisa mengancam paru-paru kalian. Jadi kalian sudah bisa menjawab beta carotene untuk apa kan?

Informasi soal manfaat dari beta carotene ataupun juga beberapa resep obat suplemen dari beta carotene yang pas dosisnya bisa didapat di Lifepack. Ada aplikasi smartphone juga yang bisa kalian install dengan mudah di Playstore dan Appstore, jadi tunggu apa lagi segera download. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *