Categories
Penyakit

Bisa Dipicu oleh Kurangnya Gerak, Ini 6 Penyebab Jantung Koroner

Penyebab Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan penyakit yang terbilang horor di tengah masyarakat. Pasalnya penyakit satu ini terbilang berat dan bisa memicu kematian pada orang yang mengidapnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah dengan menghindari penyebabnya. Oleh sebab itu, simak baik-baik penyebab jantung koroner berikut ini. 

1. Malas Berolahraga

Siapa di antara Anda yang malas berolahraga? Jika Anda salah satunya, maka sebaiknya Anda biasakan diri untuk berolahraga mulai dari sekarang. Pasalnya, kurangnya gerak tubuh atau malas berolahraga bisa meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit jantung koroner. Setidaknya, berolahragalah 5 kali seminggu, dengan durasi 30 menit per sesinya.

Perlu diketahui bahwa saat Anda malas olahraga atau melakukan aktivitas fisik, maka lemak akan menumpuk di pembuluh arteri Anda. Penumpukan lemak itu pun membuat pembuluh arteri jadi tersumbat, sehingga fugsinya tak optimal dalam mengalirkan darah ke jantung. Tak lancarnya aliran darah ke jantung akibat pembuluh arteri tersumbat inilah yang memicu jantung koroner.

2. Kebiasaan Merokok

Bagi Anda yang merupakan perokok aktif, cobalah untuk berhenti merokok mulai dari sekarang. Pasalnya, perokok aktif merupakan golongan orang yang sangat rentan terkena jantung koroner. Kandungan rokok yang berupa nikotin dan karbon monoksida akan memicu ketegangan pada jantung, membuat detak atau denyut jantung menjadi lebih cepat dibandingkan dengan denyut normal.

Selain itu, senyawa kimia lain yang terkandung dalam rokok, akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh arteri. Akibatnya, pembuluh arteri tak lagi optimal menjalankan fungsinya untuk mengalirkan darah ke jantung. Risiko seseorang yang merokok secara aktif untuk terkena penyakit jantung koroner sangat signifikan. Jika ingin terhindar dari sakit ini, stop merokok dari sekarang.

3. Tingginya Kadar Kolesterol dalam Darah

Hal selanjutnya yang jadi penyebab jantung koroner adalah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Salah satu faktor yang membuat kolesterol tinggi adalah asupan makanan yang tak sehat, kaya akan lemak jahat yaitu lemak jenuh. Walu dibutuhkan dalam kadar yang normal, jika kadarnya begitu melimpah maka kolesterol akan bisa menyebabkan terjadinya jantung koroner.

4. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Tingginya tekanan darah seseorang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Tekanan darah yang tinggi akan memicu terjadinya ketegangan pada jantung. Jika ketegangan ini sering terjadi dan dalam kurun waktu yang lama, maka risiko jantung koroner pun semakin tinggi. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, misalnya dengan olahraga rutin.

5. Kadar Gula yang Tinggi dalam Darah atau Diabetes

Seseorang dengan kondisi tingginya kadar gula dalam darah atau menderita diabetes, membuat risikonya terkena jantung koroner semakin besar. Bahkan, penderita diabetes berisiko 2 kali lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung koroner dibandingkan dengan yang tidak menderita diabetes. Tingginya kadar gula akan membuat lapisan di arteri menebal, sehingga menyumbat aliran darah.

6. Trombosis

Trombosis adalah kondisi di mana terjadi penggumpalan darah pada pembuluh vena atau pun pembuluh arteri. Jika penggumpalan darah tersebut terjadi pembuluh vena, secara otomatis akan menyumbat pembuluh arteri tersebut. Fungsi pembuluh arteri untuk mengalirkan darah ke jantung akan terganggu, sehingga jantung koroner pun rentan terjadi.

Itulah tadi setidaknya 6 hal yang bisa jadi penyebab jantung koroner. Menjalankan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur, akan bisa mengurangi risiko Anda terkena jantung koroner. Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok bagi Anda yang merupakan perokok aktif.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google PlayStore maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *