Categories
Makanan

Buah Belimbing Untuk Turunkan Kolesterol

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan bersantan meningkatkan resiko kolesterol dalam tubuh. Kolesterol sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung. Mengonsumsi obat-obatan dapat memberikan efek samping sehingga anda perlu mencari cara alami. Salah satunya adalah dengan manfaat belimbing yang dikenal mampu turunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat dalam aliran darah. Tubuh memerlukan zat lemak dalam darah untuk membantu fungsi organ-organ di dalamnya. Namun kadar kolesterol dalam darah yang terlalu banyak menyebabkan munculnya kolesterol jahat yang berbahaya. Sehingga penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil sesuai dengan kebutuhan tubuh. Manfaat belimbing dapat menurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan resiko terjadinya penumpukan pada aliran darah. Penumpukan ini dapat menyebabkan penyumbatan (plak) sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Dampak selanjutnya adalah pembengkakan organ jantung akibat bekerja terlalu keras karena aliran darah tidak lancar. Kolesterol dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit darah tinggi (hipertensi) hingga gagal jantung.

Kandungan Buah Belimbing

Belimbing kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Dan juga belimbing sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut beberapa kandungan dalam buah belimbing yang perlu diketahui

1. Vitamin C

Kandungan vitamin terbanyak dalam buah belimbing adalah vitamin C. Konsumsi buah belimbing secara rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 50 persen. Vitamin C memiliki fungsi yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. Vitamin C merupakan senyawa yang bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah belimbing dapat mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga berdampak pada penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Kalori

Buah belimbing hanya memiliki kandungan kalori sebanyak 30 kalori pada setiap butirnya. Sehingga buah belimbing sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet. Manfaat belimbing hanya memenuhi sekitar 2 persen kebutuhan kalori harian dari 2000 kalori.

3. Karbohidrat

Belimbing memiliki kadar karbohidrat sebanyak 9,5 gram per porsi. Karbohidrat ini sangat sedikit dan sangat aman untuk dikonsumsi. Buah belimbing hanya memberikan asupan 3 persen kebutuhan karbohidrat harian.

4. Protein Dan Lemak

Belimbing hanya memiliki kandungan protein dan lemak masing-masing sebanyak 1 gram tiap porsi. Sehingga tidak menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh, dan tidak membuat kadar lemak meningkat di dalam tubuh. Selain itu, lemak yang terdapat pada buah belimbing adalah lemak tak jenuh yang merupakan lemak baik bagi kesehatan.

5. vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah belimbing selain vitamin C adalah vitamin A, dan vitamin B. Buah belimbing juga mengandung mineral seperti zat besi dan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Buah belimbing sering digunakan oleh orang terdahulu untuk mengatasi penyakit magh.

Dengan kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi pada buah belimbing memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Anda bisa mengonsumsi buah belimbing dalam porsi yang cukup setiap hari untuk memenuhi asupan nutrisi dan serat harian.

Terpenuhinya asupan nutrisi yang tepat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat belimbing bagi kesehatan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko pada penyakit berbahaya dengan zat antioksidan pada buah belimbing.

Dapatkan berbagai tips menarik seputar kesehatan dan gaya hidup di aplikasi Ngovee. Download aplikasinya hanya di Playstore maupun Appstore sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *