Categories
Makanan

Buah Jeruk, Manfaat Dan Kandungan Pentingnya

Sepertinya bukanlah hal yang asing lagi masyarakat tentang buah yang satu ini. Ya, buah jeruk merupakan buah yang sangat familiar sekali dengan kebanyakan masyarakat. Buah jeruk dikenal memiliki manfaat yang cukup beragam. Manfaat jeruk ini sangat baik digunakan untuk kesehatan, khususnya untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Guna mengetahui informasi tentang buah jeruk secara lebih lanjut. Kenali informasi selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Buah Jeruk

Buah jeruk atau yang nama latinnya merupakan citrus x sinensis adalah buah yang asalnya dari daerah seperti India, Tiongkok dan juga Asia Tenggara. Tumbuhan dari jeruk ini memiliki bentuk yang bersayap, memiliki bau yang harum serta memiliki bunga yang berwarna putih kekuningan dan terdapat duri pada batangnya. Buahnya sendiri berbentuk bulat dengan ujungnya yang melekuk serta memiliki rasa asam dan manis. Kulit buahnya juga memiliki aroma yang wangi. Tak jarang banyak dari perusahaan pengharum ruangan yang memiliki aroma jeruk sebagai produk pengharum ruangan.

Jenis jeruk yang digemari yakni jeruk manis yang mana memiliki masa panen dua kali dalam setahun, yakni di bulan Agustus dan juga pada bulan antara November hingga Desember. Di Tanah Air sendiri, jeruk manis umumnya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian di atas rata-rata atau daerah pegunungan yang tingginya 1.000 meter di atas permukaan laut. Akarnya yang cukup dangkal haruslah ditanam di area tanah yang subur, sehingga akan mudah untuk tumbuh dan berbuah nantinya.

Manfaat Buah Jeruk

Buah jeruk diketahui memiliki manfaat yang beragam, beberapa manfaat jeruk tersebut antara lain:

  • Membantu dalam memelihara kesehatan jantung yang mana dihasilkan dari serat dan juga hesperidin.
  • Mencegah risiko terjadinya batu ginjal pada tubuh. Hal ini karena adanya sitrat dan juga asam sitrat pada buah jeruk.
  • Adanya vitamin B1 memberikan manfaat jeruk untuk dapat mencegah penyakit katarak..

Kandungan Buah Jeruk

Buah jeruk yang banyak digemari oleh masyarakat ini memiliki beragam kandungan yang sangat baik bagi tubuh, di antara kandungan tersebut yakni:

  • Karbohidrat sebesar 11,8 gram, yang mana utamanya berupa fruktosa, glukosa dan juga sukrosa. Selain itu, indeks glikemik buah jeruk pun juga rendah, yakni berkisar antara 31-51. Adapun indeks glikemik sendiri mengacu pada kemampuan makanan yang dikonsumsi berubah menjadi gula darah. Karena memiliki indeks glikemik yang rendah, tidak heran jika buah jeruk baik untuk kesehatan.
  • Serat sebesar 2,4 gram. Dimana serat pada buah jeruk berupa selulosa, pekti, lignin dan hemiselulosa yang mana memiliki manfaat cukup baik bagi tubuh. Serat yang baik tersebut memberikan kesehatan bagi sistem pencernaan yang ada dalam tubuh, dapat mengontrol kondisi badan dan juga aktif untuk mengendalikan kolesterol.
  • Mengandung senyawa yang baik bagi tubuh seperti karotenoid, asam sitrat dan juga fenolik.
  • Mengandung vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang terkandung dalam jeruk antara lain:
  • Vitamin C yang mana dapat mencukupi gizi harian tubuh sebesar 100%. Tak heran jika jeruk identik dengan buah yang dikenal baik mengandung vitamin C.
  • Vitamin B1 yang mana berperan dalam pengubahan karbohidrat.
  • Vitamin B9 yang mana penting bagi janin dan ibu hamil.
  • Mineral Kalium yang mana dapat mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi.
  • Kalsium yang baik untuk pemeliharaan otot dan juga tulang.

Itulah tadi informasi yang berkenaan dengan manfaat jeruk bagi tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca

Jangan lewatkan suplemen terbaik dari Jovee. Unduh aplikasi Jovee pada Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *