Categories
Obat

Candefar 8 MG 10 Tablet: Obat Untuk Hipertensi

Candefar adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah dengan kandungan zat aktif Candesartan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan resiko penyakit serius seperti jantung, stroke, dan masalah ginjal.

Cara kerja obat Candefar adalah untuk melancarkan sirkulasi darah dengan merelaksasi pembuluh darah di dalam tubuh dan berikut informasi mengenai obat ini.

Indikasi (Manfaat dari Obat Hipertensi)

Candefar memiliki manfaat Candefar untuk mengobati penyakit hipertensi sehingga tekanan dalam darah dapat kembali normal. Penggunaan obat Candefar yang tepat dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif akibat hipertensi. Sehingga dapat menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti masalah ginjal, stroke, dan jantung.

Candefar tidak hanya digunakan untuk mengatasi hipertensi tetapi juga dapat membantu mengobati penyakit jantung dan gagal jantung. Penggunaan Candefar tidak disarankan untuk anak-anak dengan usia di bawah 1 tahun karena dapat meningkatkan resiko terjadinya efek samping. Pengobatan untuk pasien hipertensi dapat lebih maksimal apabila diimbangi dengan menjaga pola hidup sehat.

Komposisi

Candefar adalah obat yang memiliki kandungan Candefar yaitu Candesartan 8 mg pada kemasan Candefar 8 mg isi 10 tablet, dan kandungan dari Candesartan 16 mg pada kemasan Candefar 16 mg isi 30 tablet.

Dosis dan Aturan Penggunaan

Penggunaan Candefar harus dengan resep dokter atau anjuran dokter, berikut ini dosis Candefar dan anjuran pemakaian yang tepat:

  • Dosis untuk pasien gagal jantung

Dewasa: 4 mg diminum satu kali sehari, dosis dapat ditingkatkan maksimal 32 mg sehari, untuk penggunaan tidak lebih dari 2 minggu.

  • Dosis untuk pasien hipertensi

Dewasa: pada awal pengobatan, 8 mg diminum satu kali sehari, atau sesuai dengan anjuran dokter. Dosis pemeliharaan yaitu 8 mg satu kali sehari, dapat ditingkatkan maksimal 32 mg sehari sebagai dosis tunggal.

Pasien dengan gejala penurunan volume pada intravaskuler, awal pengobatan sebaiknya mengonsumsi obat sebanyak 4 mg, satu kali dalam sehari. Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak atau dengan persetujuan dokter.

Beli Candefar harus menyertakan resep dokter karena termasuk dalam golongan obat keras. Penggunaan Candefar harus dengan pengawasan dan sesuai dosis yang tertera pada kemasan produk atau resep dokter. Anda dapat menemukan apotek terdekat yang jual Candefar dengan harga terjangkau.

Cara Penyimpanan Candefar

Perhatikan aturan penyimpanan yang tertera pada kemasan, simpan Candefar dalam suhu ruang yang berkisar antara 15 hingga 30 derajat celcius. Hindari menyimpan dalam ruangan lembab atau terkena sinar matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak.

Efek Samping Candefar

Beberapa pasien mungkin mengalami gejala efek samping yang berbeda. Gejala efek samping pada penggunaan Candefar antara lain mual, muntah, kelelahan, pusing, vertigo, dan diare.

Kontraindikasi

Candefar tidak dapat digunakan pada pasien dengan golongan tertentu (kontraindikasi). Berikut ini beberapa golongan pasien yang tidak disarankan menggunakan Candefar:

  • Hipersensitif atau memiliki riwayat alergi terhadap Candesartan
  • Pasien dengan gangguan kolestasis atau gangguan hati berat
  • Wanita yang sedang hamil dan menyusui

Interaksi Obat

Beberapa golongan obat tertentu dapat menimbulkan interaksi apabila digunakan bersamaan dengan Candefar. Berikut ini beberapa interaksi obat yang perlu diketahui:

  • Konsumsi bersamaan dengan obat antiinflamasi nonsteroid dapat meningkatkan gangguan fungsi ginjal.
  • Potensi kadar obat lithium dalam darah dapat meningkat.
  • Candefar adalah obat yang dapat meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal pada pasien diabetes yang mengonsumsi obat aliskiren secara bersamaan.

Dapatkan kemudahan untuk tebus obat rutin tanpa perlu antri hanya di Lifepack. Unduh aplikasinya melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *