Categories
Obat

Cara Konsumsi Metronidazole agar Tidak Membahayakan Tubuh

cara konsumsi metronidazole

Penyakit memang bisa datang dari mana saja. Baik itu berupa virus, bakteri, maupun dari parasit. Menjaga kesehatan tubuh adalah yang utama untuk terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut. Oleh karena itu Anda bisa mengonsumsi metronidazole. Namun, Anda harus berhati-hati karena obat ini termasuk obat keras. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara konsumsi metronidazole.

Metronidazole Oral

Obat ini termasuk yang menyediakan varian untuk diminum. Namun, sebelum mengonsumsinya ada baiknya Anda mengikuti semua petunjuk yang ada pada kemasan atau sesuai dengan resep dokter. Adapun cara minum atau mengonsumsinya adalah sebagai berikut.

  • Minumlah obat yang telah diresepkan oleh dokter ini sampai habis. Hal ini dikarenakan obat yang Anda konsumsi ini termasuk antibiotik. Apabila kondisi Anda sudah terasa membaik, lebih baik Anda benar-benar menghabiskan obat ini agar infeksi atau penyakitnya benar-benar hilang dan sembuh total.
  • Apabila Anda mendapatkan obat ini dalam kemasan sirup, ada baiknya Anda mengocoknya terlebih dahulu sebelum meminumnya. Jangan lupa juga untuk selalu membaca aturan pakai termasuk dosisnya yang ada pada kemasan. Upayakan menggunakan sendok takar yang telah tersedia di dalamnya. Jika tidak ada, Anda bisa menyesuaikan.
  • Jika Anda mengalami masalah terhadap organ kewanitaan dan mengharuskan mengonsumsi obat ini, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis.
  • Ikuti dan jalankan semua petunjuk pada resep dokter maupun aturan pakai yang tertera pada kemasan. Jangan mengonsumsi obat ini dengan dosis yang lebih besar atau lebih kecil dari yang sudah direkomendasikan atau sesuai arahan dokter.

Metronidazole Gel

Biasanya obat yang dalam kemasan gel ini ditujukan untuk mengatasi keputihan. Cara konsumsi metronidazole ini pun langsung diaplikasikan ke area vagina. Apabila Anda masih bingung terhadap penggunaannya, Anda bisa membaca petunjuk dan mempelajari cara pemakaian yang benar pada kemasan produk. Bisa juga Anda menyimak informasi berikut.

  • Isi aplikator yang telah tersedia dalam kemasan dengan obat yang juga ada di dalamnya.
  • Masukkan aplikator yang telah terisi dengan obat tersebut dengan posisi yang lumayan tinggi ke dalam vagina.
  • Tekan plunger aplikator untuk melepaskan obat yang ada di dalamnya.
  • Bersihkan aplikator dengan air sabun yang hangat lalu bilas dengan baik hingga bersih.
  • Pemakaian produk ini bisa dilakukan sekali atau 2 kali. Apabila Anda menginginkan obat ini bekerja secara efektif, ada baiknya Anda menggunakannya sebelum tidur. 

Metronidazole Infus

Selain dala bentuk gel dan obat minum, antibiotik ini juga menyediakan dalam bentuk infus. Pada umumnya metronidazole infus ini digunakan untuk mengobati infeksi kulit, infeksi darah, tulang, sendi, area kewanitaan, maupun pada area perut tertentu yang disebabkan oleh bakteri. Sekalipun infus bisa dipakai di rumah, ada baiknya Anda menggunakannya di bawah pengawasan tenaga medis secara langsung. Berikut ini panduan penggunaannya.

  • Layaknya obat infus lainnya, obat metronidazole ini juga berbentuk larutan dan harus disuntikkan secara perlahan ke pembuluh darah.
  • Lamanya proses penginfusan biasanya dilakukan kurang lebih selama 30 menit hingga 1 jam setiap 6 jam.
  • Lamanya pengobatan juga tergantung pada jenis infeksi. Jadi, setiap infeksi atau penyakit pada area tubuh tertentu akan berpengaruh pada lamanya proses penginfusan.
  • Pada umumnya, dokter yang menangani penyakit atau infeksi ini akan memberitahukan kepada Anda atau kepada suster mengenai proses lamanya treatment yang sedang Anda jalani.

Itulah beberapa informasi cara konsumsi metronidazole yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa selalu mengkonsultasikan kepada tenaga medis atau ke rumah sakit apabila Anda merasakan gejala yang tidak baik pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan ada beberapa orang yang alergi terhadap jenis antibiotik atau obat tertentu.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *