Categories
Uncategorized

Cara Kreatif Agar Anak Berpaling Dari Gadget

Anak-anak saat ini terlalu asyik menggunakan gadget sehingga bukan pemandangan yang asing bagi kita. Namun tahukan anda bahwa anak yang terlalu sering bermain gadget dapat mengalami kecanduan? Kecanduan gadget sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak. Orang tua perlu mengetahui tips hindari gadget untuk anak.

Bahaya Gadget Bagi Anak-Anak Di bawah 12 Tahun

Orang tua sering mengalami kesulitan ketika anak mengalami tantrum, jalan pintas dan tercepat biasanya orang tua memberikan gadget kepada anak. Anak-anak diberikan gadget agar terhibur sehingga tidak lagi mengalami tantrum. Padahal hal tersebut adalah pemicu terjadinya kecanduan gadget pada anak.

Anak dapat menjadi lebih tantrum ketika ingin bermain dengan gadget. Kemudian anak menjadi kurang minat dalam memperhatikan lingkungan karena terlalu fokus terhadap gadget. Kemampuan otak dan tumbuh kembang anak menjadi terganggu dan mengalami penurunan.

Jika dibiarkan, anak mengalami tumbuh kembang yang terlambat dan juga kecanduan gadget. Kecanduan gadget pada usia anak-anak sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, orang tua harus membatasi penggunaan gadget pada anak-anak.

Tips Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tips hindari gadget untuk anak bisa dilakukan apabila orang tua ikut berperan. Orang tua harus bisa memberikan edukasi dan pengertian kepada anak bahwa gadget memiliki dampak negatif apabila digunakan secara berlebihan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah:

1. Ajak Anak Bermain Bersama

Orang tua terkadang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga kurang memperhatikan anak-anak. Padahal anak yang diajak bermain oleh orang tuanya cenderung lebih bahagia dimasa kecil. Ajaklah anak anda bermain bersama, bermain bersama anak juga dapat meningkatkan hubungan orang tua dengan anak.

Anda bisa mengajak anak anda memainkan permainan yang bisa dilakukan di rumah seperti petak umpet ataupun bermain boneka. Anak akan menjadi lebih bahagia dan melupakan gadget karena sibuk bermain bersama anda.

2. Hindari Penggunaan Gadget Di Depan Anak

Sebagai orang tua, gadget merupakan salah satu sarana komunikasi yang penting. Namun pentingnya menerapkan peraturan yang ketat agar anak terhindar dari gadget. Hindari penggunaan gadget ketika sedang berada dekat dengan anak atau saat sedang bersama anak-anak.

Anak usia di bawah 12 tahun belajar dengan cara meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya, sehingga apabila orang tua tidak menggunakan gadget maka anak juga tidak akan tertarik dengan gadget. Hal tersebut merupakan salah satu tips hindari gadget untuk anak dengan efektif.

3. Membuat Kegiatan Seru Di Luar Ruangan

Ajak anak anda untuk bermain di luar, agar anak terhindar dari gadget. Ketika berada di luar ruangan, anak dapat mempelajari lingkungan sekitar dengan lebih luas. Anda juga dapat membiarkan anda bermain bersama anak lain seusianya. Kemampuan sosial anak dapat berkembang ketika anda bermain bersama teman-temannya.

4. Batasi Penggunaan Gadget

Tidak semua hal dalam gadget yang memberikan efek negatif, anda bisa memberikan edukasi dan pengetahuan dari internet. Namun penggunaan gadget untuk anak perlu dibatasi dan diawasi oleh orang tua. Biasanya anak hanya akan fokus pada 1 jam pertama sehingga orang tua perlu memberikan batasan waktu dalam penggunaan gadget.

Tips hindari gadget untuk anak adalah dengan selalu memberikan pengertian kepada anak, awasi anak anda ketika bermain. Anak dapat terhindar dari kecanduan gadget apabila mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Jovee. Dapatkan suplemen dengan harga terbaik hanya di Jovee. Tersedia melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *