Categories
Tips Sehat

Cara Mengatasi Stroke Ringan dengan Mudah dan Aman

Cara Mengatasi Stroke Ringan

Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat mengancam nyawa. Penyakit ini sering disebut sebagai the silent killer, karena bisa melumpuhkan otak dan kemudian akan menyerang organ-organ lain dalam tubuh seseroang. Namun, penyakit ini bisa diobati untuk berbagai macam cara. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi stroke ringan dengan mudah dan aman.

Gejala Stroke Ringan

Pertama-tama, kita harus mengetahui apa saja gejala yang menandakan seseorang terserang stroke ringan. Terdapat beberapa tanda umum yang biasanya terjadi, salah satunya adalah seseorang mengalami perubahan pada kelima indra, misalnya tiba-tiba indra sentuhan menjadi tidak berfungsi secara normal atau tidak bisa merasakan sentuhan terhadap sesuatu.

Gejala yang juga umum terjadi berikutnya adalah mengalami perubahan kewaspadaan, misalnya seseorang tiba-tiba mengantuk atau bisa saja tiba-tiba tidak sadar. Gejala selanjutnya yang sering terjadi adalah seseorang akan mengalami masalah otot, seperti otot menjadi lemah, susah menelan makanan dan susah berjalan.

Beberapa gejala lain yang menandakan seseorang terserang stroke ringan adalah kurang kontrol pada kandung kemih atau usus, mengalami masalah saraf (mati rasa atau kesemutan), mengalami perubahan mental, seperti kebingungan, hilang ingatan, susah menulis, susah membaca, susah berbicara dan tidak bisa memahami orang lain.

Jika seseorang mengalami tanda-tanda tersebut, maka bisa dipastikan ia telah terserang stroke ringan. Jangan dibiarkan begitu saja, karena stroke ringan jika tidak ditangani lama-lama juga akan menyerang tubuh secara keseluruhan. Oleh karenanya penting sekali untuk melakukan tindakan untuk mengatasi stroke ringan.

Cara Mengatasi Stroke Ringan

Penanganan stroke ringan bisa dilakuak dengan berbagai cara, berikut ini adalah beberapa cara yang sering dilakukan untuk mengatasinya . Sebenarya, untuk penanganan ini bisa berbeda-beda, tergantung dengan usia, penyebab dari stroke tersebut dan juga kondisi medis dari pengidapnya. Berikut ini cara mengatasi stroke ringan yang tepat.

1. Merubah Gaya Hidup

Gaya hidup adalah kunci dari tubuh yang sehat. Jika Anda melakukan gaya hidup yang sehat, maka tentu kesehatan tubuh yang akan didapat. Jika tidak, maka yang terjadi pastilah sebaliknya. Oleh karenanya, para pengidap stroke ringan harus mulai menjalani hidup sehat, mulai dari olahraga teratur, tidak merokok, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan tidur yang cukup.

Sebenarnya pola hidup sehat ini memang harus diterapkan oleh siapapun, termasuk oleh orang-orang yang sehat. Siapa yang ingin sakit? tentu jawabannya pasti tidak ada. Oleh karenanya, pencegahan adalah salah langkah paling bijak yang bisa dilakukan

2. Konsumsi Obat Pendukung

Biasanya, seseorang yang telah didiagnosa mengidap stroke ringan, dokter akan secara langsung menyarankan beberapa obat untuk membantunya sembuh. Contoh beberapa obat yang sering digunakan adalah obat pengencer darah, obat antihipertensi, obat statin dan obat antikoagulan.

3. Menghindarkan Diri dari Infeksi

Hal ini banyak terjadi pada seseroang yang terjangkit stroke ringan di usia muda. Kebanyakan, mereka terkena penyakit tersebut karena adanya infeksi pada pembuluh darah dan diseski arteri karotis.

4. Operasi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi stroke ringan adalah melalui jalan operasi. Namun, sebagian besar, operasi bisa dilakukan pada seseorang yang mengalami penyumbatan pada arteri leher. Operasi ini biasa disebu dengan endarterktomi.

Itulah tadi sedikit penjalasan tentang gejala dari stroke ringan dan juga cara mengatasi stroke ringan yang tepat. Jangan sampai terlambat dalam melakukan penanganan stroke ringan, karena jika dibiarkan juga akan sangat membahayakan nyawa.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *