Categories
Dunia Kesehatan

Cara Mengganti Susu Formula Dengan Aman

Memang ada beberapa hal yang membuat para orang tua itu mengganti susu formula untuk bayi mereka, namun tidak bisa sembarangan ya. Harus perhatikan cara mengganti susu formula yang benar agar supaya aman dan bayi pun bisa tetap sehat dan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan bagaimana cara untuk bisa mengganti susu formula untuk bayi dengan aman. Tentunya penggantiannya sebenarnya berkaitan dengan alasan dari penggantian susu ini juga sih.

Mengganti Karena Biaya

Mungkin memang banyak orang tua yang memberikan susu untuk bayinya pada saat pertama kali itu adalah yang terbaik tanpa memperhatikan biaya. Nah kemudian setelah berjalan nampaknya perlu mencari alternatif lain dan mengganti susu formula yang dikonsumsi oleh bayi. Penggantian seperti ini sebenarnya jauh lebih mudah ya, karena tidak terlalu banyak hal yang harus diperhatikan saat menggantinya. Kita itu hanya perlu mencari susu formula dengan kandungan protein yang sama dengan susu formula yang sebelumnya.

Jadi misalnya susu formula yang sebelumnya memiliki protein dengan dasar susu sapi, maka tinggal mencari susu formula yang sama. Tinggal mencari saja susu formula yang menggunakan protein susu sapi dengan harga yang jauh lebih murah dari yang sebelumnya. Proses penggantiannya pun sebenarnya mudah saja, tinggal coba dulu satu kali konsumsi reaksinya pada bayi. Bila tidak ada alergi coba sampai satu hari dulu, cara mengganti susu formula bila kandungannya sama ya langsung saja. 

Mengganti Karena Ada Reaksi Alergi

Apabila alasan dari mengganti susu bayi itu adalah alergi, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar supaya bayi tetap sehat. Penggantian karena alergi itu harus dilakukan dengan benar supaya nanti bayi bisa mengonsumsi susu formula dan tetap sehat. Karena reaksi alergi itu bisa jadi sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan bayi. Jadi penggantian bila ada alergi maka perlu dilakukan dengan teliti, berikut beberapa yang perlu diperhatikan.

1. Konsultasi Ke Dokter

Salah satu hal yang harus dilakukan pada saat terjadi alergi dan akan mengganti susu formula adalah konsultasi dulu ke dokter. Sebaiknya di konsultasikan saja ke dokter mengenai adanya alergi pada saru susu formula agar supaya bisa diketahui lebih detail. Dengan begitu penggantian dari susu formula ini pun akan bisa dilakukan dengan tepat. Jadi cara mengganti susu formula harus diawali dengan konsultasi dulu ke dokter.

2. Lakukan Secara Bertahap

Berikutnya harus dilakukan secara bertahap, jadi jangan langsung digantikan apabila mungkin proteinnya itu jenisnya berbeda. Dilakukan secara bertahap itu berarti dilakukan pencampuran susu dengan 2 jenis protein yang berbeda tersebut. Bisa dengan takaran 3 susu lama dan 1 susu baru dan kemudian 2 susu lama 2 susu baru begitu terus sampai 100% susu baru.

3. Fokus Pada Makanan

Lalu langkah yang berikutnya adalah fokus pada pemberian makanan padat bila penggantian susu formula ini terjadi pada bayi di atas 6 bulan atau 1 tahun. Karena dari makanan padat pun bisa mendapatkan nutrisi yang sama, asalkan dipikirkan betul makanannya. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan itu akan tetap terpenuhi dengan baik, dan begitulah cara mengganti susu formula yang tepat.

Penggantian susu formula pada bayi memang tidak bisa sembarangan, dan kalian bisa mendapatkan berbagai tips di Ngovee. Di sana bisa konsultasi ke dokter juga untuk kebutuhan suplemen lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *