Categories
Tips Sehat

Cara Mudah Menjaga Peredaran Darah Tubuh Selalu Sehat

Sangat penting untuk kita menjaga sistem peredaran darah tubuh tetap sehat. Karena sistem tubuh satu ini berfungsi mengedarkan oksigen yang tentu sangat penting dan termasuk juga mengedarkan zat gizi. Sehingga zat gizi tersebut bisa menuju setiap jaringan di dalam tubuh kita.

Tiap organ dan juga jaringan tubuh terhubung melalui pembuluh darah yang kecil sampai ke pembuluh darah yang utama. Maka dari itu, gangguan peredaran darah bisa turut memengaruhi juga fungsi tubuh lain.

Beberapa Fakta Unik Seputar Peredaran Darah Manusia Dan Akibat Jika Peredaran Darah Terganggu

Tubuh manusia kurang lebih 60.000 mil panjangnya pembuluh darah jika diluruskan. Organ manusia seperti jantung, dan otot-otot manusia membentuk sistem aliran peredaran darah. Sementara jaringan pembuluh membawa tiap tetesan darah menuju tiap sudut tubuh.

Saat apa saja sistem peredaran darah manusia kita buruk, maka hal itu dapat memperlambat atau pun bahkan menghalangi darah yang mengalir. Sehingga sel-sel di dalam tubuh tak akan bisa mendapatkan oksigen dan juga nutrisi secara maksimal. Pada saat ada anggota tubuh tak bisa mendapatkan darah yang cukup, maka tangan atau pun kaki mungkin terasa dingin, bahkan bisa mati rasa. Jika berkulit terang, maka kaki mungkin terlihat biru.

Selain itu, sirkulasi sistem peredaran darah buruk juga bisa mengeringkan kulit, kuku menjadi rapuh, serta membuat rambut menjadi sering rontok. Selain itu, beberapa pria juga mungkin sulit mempertahankan ereksi. Jika sedang menderita penyakit diabetes, atau ada goresan luka, maka cenderung akan lebih lambat sembuhnya.

Beberapa Cara Untuk Menjaga Peredaran Darah Dalam Kondisi Tetap Sehat

Berikut ini ada beberapa cara atau kiat menjaga peredaran darah di dalam tubuh tetap sehat. Sehingga kita bisa jauh dari beragam macam penyakit atau gangguan kesehatan.

1. Jaga berat badan selalu ideal

Dengan berat badan ideal, maka bisa melindungi kamu terhadap risiko obesitas. Sementara obesitas sendiri bukan hanya bisa menghambat sistem peredaran darah manusia saja, tetapi obesitas juga bisa membuat penumpukan plak di pembuluh arteri. Hal ini akan memunculkan risiko lebih tinggi terkena serangan jantung termasuk jantung koroner dan stroke.

Agar kita bisa mendapat berat ideal, maka perlu sering konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Hal yang penting untuk menghindari obesitas adalah menghindari makanan yang bisa meningkatkan kolesterol pada tubuh.

2. Hindari merokok

Jika kebiasaan merokok dihentikan, maka bisa menjadi salah satu kiat tepat membuat sistem peredaran darah tetap lancar dan sehat. Rokok mengandung bahan aktif berbahaya, salah satunya berbahaya ialah bahan nikotin.

Bahan nikotin ini ada pada semua merek atau jenis rokok. Jadi baik itu rokok yang tradisional, rokok tanpa keluar asap, dan rokok elektrik terdapat kandungan nikotin. Nikotin yang ada pada tubuh bisa merusak fungsi pembuluh darah serta mengentalkan darah. Hasilnya maka sirkulasi darah bisa terganggu.

3. Mengkonsumsi makanan pelancar peredaran darah

Ada beberapa jenis makanan yang bisa berpengaruh kepada peredaran darah. Misal saja seperti cabai, buah delima, sayuran daun hijau dengan kandungan nitrit oksida. Beberapa makanan tersebut bisa melebarkan pembuluh sehingga darah akan mengalir lebih lancar.

Sementara nitrit oksida sendiri bisa ditingkatkan dengan makanan lain seperti buah bit, kunyit,  dan kacang kenari. Agar bisa menyehatkan pembuluh darah serta mencegah penyumbatan kolesterol dan menyehatkan sistem peredaran darah, maka kamu bisa coba konsumsi ikan lemak omega-3 yang tinggi.

Ingin konsultasi lebih lanjut dengan dokter? Unduh Lifepack dan tebus resep obat, bebas antri. Aplikasi Lifepack tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *