Categories
Makanan

Cara Yang Benar Menyimpan Telur

Banyak yang masih menyepelekan penyimpan telur, kebanyakan berpikir kalau telur cukup diletakan saja di meja atau di tempat telur saja. Padahal pemikiran yang seperti itu salah karena menyimpan telur itu penting sekali, sebab kalau sampai salah menyimpan bisa menyebabkan telur akan terkontaminasi bakteri. Kalau sampai dikonsumsi jelas berbahaya karena bakteri bisa saja masuk ke dalam tubuh. Untuk cara menyimpan telur yang benar adalah simpanlah telur tersebut di tempat yang sejuk saja, sebab kalau tempatnya sejuk pasti bakteri tidak mudah masuk ke dalam telur.

Cara Yang Benar Mengolah Telur

Salah satu menu makanan yang paling disukai masyarakat adalah olahan dari telur, alasannya karena telur sendiri itu murah tetapi banyak kandungan gizinya. Untuk memperoleh telur juga tidaklah sulit karena toko pasti akan menjual telur, telur yang dijual jenisnya juga bermacam-macam tinggal memilih saja mau jenis yang apa. Meskipun telur kandungan gizinya ada banyak tetapi tidak boleh asal masak sebab kalau asal memasaknya bisa-bisa kandungan gizinya hilang. Untuk memasaknya sendiri ada tekniknya, untuk tahu tekniknya seperti apa berikut ini penjelasannya.

·         Masak Harus Dengan Suhu Yang Stabil

Telur kalau digoreng sebenarnya mudah tetapi harus bisa mengatur suhunya, sebab kalau suhu sampai berganti-ganti dampaknya bisa buruk sekali. Telur bukannya akan matang secara sempurna tetapi malah gosong atau malah akan matang tidak sempurna, untuk teknik memasaknya adalah suhu harus yang tinggi dan jangan berubah-ubah suhunya. Selain matangnya akan merata juga tidak menghilangkan gizinya, kalau sudah memasak lebih baik cara menyimpan telur juga yang benar agar bisa dimasak lagi.

·         Teknik Memasak Rendah Kalori

Teknik memasak yang berikutnya adalah memasak dengan kalori terendah, telur sendiri memang ada kalorinya tetapi tidak terlalu banyak. Tetapi kalau sampai memasaknya tidak benar pasti kadar kalori akan bertambah banyak, agar kalori ini tidak sampai bertambah ada caranya. Untuk caranya adalah memasaknya jangan pakai minyak tetapi harus direbus, telur bisa direbus dengan cangkang dan juga bisa tanpa cangkang.

·         Masak Dengan Sayuran

Kalau sampai ingin memasak telur maka jangan hanya pakai telur saja tetapi baiknya telur ini ditambah dengan sayur juga. Kalau hanya telur saja biasanya gizinya kurang lengkap karena telur kandungannya tidak terlalu banyak, masih ada gizi lainnya yang baru diperoleh dari makan sayur. Untuk sayur yang bisa dicampurkan juga tidak sembarang sayur, tetapi sayurnya harus wortel, bayam dan daun bayam. Selain teknik memasaknya harus benar juga harus cara menyimpan telur benar.

·         Masak Harus Sampai Matang

Memakan telur jangan sampai mentah karena takutnya ada bakteri di dalam telur, tetapi kalau sampai kematangan juga tidak boleh karena kalau terlalu matang bisa-bisa kandungan nutrisinya berkurang. Jadi lebih baik kalau masak yang matangnya pas saja, kalau mau matangnya pas maka perlu mengatur suhunya dengan benar.

Apakah Mengonsumsi Telur Setiap Hari Berbahaya?

Pastinya ada yang sering mengonsumsi telur, sebenarnya tidak terlalu disarankan kalau sampai setiap hari makan telur sebab telur itu mengandung kalori. Kalau terlalu sering bisa-bisa kadar kalori bertambah banyak, baiknya kalau mau makan itu diberikan jeda waktu saja. Dalam seminggu bagusnya hanya tiga atau empat kali saja sehingga tidak ada efek sampingnya, selain itu perhatikan juga cara menyimpan telur agar tidak mudah busuk.

Ingin tahu caranya memasak telur yang benar? Simak di Ngovee. Unduh saja aplikasi Jovee melalui Google Play Store juga App Store agar dapat  banyak info menarik lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *