Categories
Makanan Tips Sehat

4 Manfaat Tembaga untuk Tulang yang Harus Dipahami

Manfaat Tembaga untuk Tulang

Tembaga merupakan salah satu nutrisi yang keberadaannya sangat penting untuk tubuh. Akan tetapi kebutuhan tubuh terhadap zat tembaga ini tergolong sangat rendah jika dibandingkan dengan nutrisi lain. Beberapa manfaat tembaga untuk tulang seperti misalnya mencegah osteoporosis serta berbagai hal yang lainnya.

Tulang dan Tembaga

Tembaga menjadi salah satu zat penyusun tulang dimana keberadaan tembaga ini membuat tulang lebih kuat. Zat tembaga ini berperan dalam banyak hal di dalam tubuh dan kekurangannya bisa membuat tulang mengalami keadaan abnormal. Berikut ini beberapa manfaat tembaga bagi tulang yang tidak banyak orang pahami:

1. Mencegah Osteoporosis

Kekurangan tembaga di dalam tubuh akan menyebabkan kondisi dimana tulang mengalami pengeroposan. Bukan hanya pengeroposan, bagian dalam tulang juga akan memiliki zat pembentuk yang tidak rapat sehingga memiliki resiko tinggi terhadap osteoporosis.

Keberadaan tembaga yang dikonsumsi dalam jumlah sesuai dengan kebutuhan harian dapat membuat kepadatan tulang menjadi terjaga. Hal ini terjadi karena zat pembentuk tulang yang mulai berkurang bisa digantikan dengan nutrisi tembaga yang dikonsumsi. Karena itu konsumsi suplemen yang mengandung tembaga memiliki fungsi mencegah osteoporosis ini.

2. Mencegah Femur Leher

Ketika sudah menua, kondisi tulang akan mengalami degradasi sehingga menjadi lebih mudah terserang penyakit. Salah satu yang sering terjadi adalah femur leher ini dimana tulang leher mengalami dislokasi sehingga menyebabkan rasa ngilu luar biasa.

Hal ini bisa terjadi karena keberadaan tembaga dalam tulang yang menurun dan menjadi lebih rendah. Konsumsi tembaga bisa membuat kandungan tembaga dalam tubuh menjadi lebih stabil sehingga kepadatan tulang leher bisa terjaga. Manfaat tembaga untuk tulang ini secara nyata dapat membuat tulang leher menjadi lebih kuat dan mencegah dislokasi.

3. Menjaga Kepadatan Tulang pada Wanita Menopause

Ketika wanita sudah memasuki masa menopause, biasanya fungsi tulang bisa menurun secara signifikan. Penelitian dilakukan pada wanita pasca menopause yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan tembaga tinggi dan rendah. Setelah dibandingkan, wanita dengan konsumsi tembaga tinggi memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Penelitian double-blind, dilakukan dengan control pada wanita yang diberikan kombinasi suplemen kalsium dan tembaga. Hasilnya adalah wanita yang mengkonsumsi suplemen tersebut memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

4. Menghilangkan Radikal Bebas Tulang

Tembaga diketahui berfungsi sebagai kofaktur enzimatik umum yang nantinya akan mengaktifkan zat lisil oksidase. Lisil oksidase ini memiliki beberapa fungsi dasar salah satunya adalah menghilangkan radikal bebas tulang karena sifatnya sebagai kofaktor enzim antioksidan.

Tembaga yang bersifat sebagai kofaktor enzimatik ini juga secara langsung membentuk ikatan silang yang terjadi antara kolagen dan elastin. Selain itu, resoprsi osteoklastik yang bisa mengurangi kepadatan tulang juga akan terhambat karena adanya zat satu ini.

Manfaat Lain Tembaga untuk Tubuh

Ada banyak manfaat lainnya dari zat tembaga yang menjadi salah satu unsur penting bagi tubuh ini. Tembaga berperan dalam pembentukan sel darah merah sehingga mencegah anemia bersamaan dengan zat besi. Ketika kandungan tembaga dalam tubuh tergolong rendah, ini mengindikasikan bahwa kandungan kolesterol tinggi sehingga sering terjadi penyakit jantung.

Fungsi imunitas yang terjadi karena keberadaan tembaga yang kurang akan mengakibatkan neutropenia sehingga infeksi sering terjadi. Manfaat tembaga untuk tulang ternyata tidak hanya sebagai perkuat tulang saja tetapi juga mengurangi kerusakan yang terjadi. Konsumsi tembaga bisa dilakukan melalui makanan seperti daging ataupun melalui konsumsi suplemen.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *