Categories
Obat

Fungsi, Dosis dan Efek Samping Fluokortolon Pivalat

Fluokortolon Pivalat adalah sebuah obat kortikosteroid atau biasa disebut steroid jenis glukokortikoid. Fungsi Fluokortolon Pivalat yang utama menjadi agen anti alergi, imunosupresan dan anti inflamasi. Obat ini bisa menekan migrasi neutrophil, menyebabkan dilatasi kapiler, dan mengurangi produksi prostaglandin. Cara kerja yang seperti itu, kondisi peradangan yang ada di dalam tubuh bisa mulai berkurang.

Mengenai Fluokortolon Pivalat

Sebagai obat kortikosteroid atau steroid, obat ini merupakan obat topikal yang digunakan pada tubuh bagian luar. Obat ini bisa juga digunakan untuk mengobati atau mengatasi berbagai masalah yang ada pada area kulit, seperti dermatitis atau eksim yang biasanya diawali dengan gejala kemerahan dan gatal. Obat ini tersedia dalam kemasan 5 mg dan 20 mg.

Sebelum obat ini digunakan, jika terdapat infeksi pada kulit seperti jerawat atau rosacea, atau tengah hamil dan menyusui, atau ada reaksi alergi pada obat, maka segera sampaikan pada dokter. Hal tersebut dimaksudkan agar obat ini tetap aman digunakan. Dokter akan memberi resep dan dosis yang tepat dengan keluhan atau gejala yang sebelumnya disampaikan. Jangan sampai memberikan informasi yang salah atau berbohong karena bisa saja terdapat efek samping saat penggunaan Fluokortolon Pivalat.

Dosis Penggunaan

Fungsi Fluokortolon Pivalat bisa didapatkan dengan dosis yang tepat. Dosis tergantung dari kondisi dan tingkat keparahan pada kulit yang dikeluhkan. Karena itu, sebelum menggunakan obat harus lebih dulu berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi yang tengah dialami. Obat ini pun tidak dianjurkan bagi anak-anak, dan hanya khusus digunakan bagi orang dewasa. Meski termasuk dalam obat luar, penggunaannya tetap harus mengikuti petunjuk dan arahan dokter. Jika dosis kurang atau lebih maka bisa menghasilkan dampak tertentu yang malah merugikan pengguna. Bagi orang dewasa, penggunaan obat sebanyak 3 kali sehari selama 2 minggu. Jika dalam waktu 2 minggu tetap ada keluhan dan tidak kunjung membaik atau malah ada gejala lain, segera hentikan pemakaian obat dan langsung hubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Efek Samping

Setiap penggunaan obat bisa saja terjadi efek samping meskipun obat tersebut dinilai aman saat digunakan. Begitu juga dengan obat Fluokortolon Pivalat juga memiliki efek samping, di samping fungsi Fluokortolon Pivalat yang bermanfaat. Efek samping yang sering ditemui adalah:

1. Kulit terasa terbakar

2. Penipisan kulit

3. Kulit mengelupas

4. Terdapat stretch mark permanen

5. Pada bagian kulit yang dioles tumbuh rambut

6. Steroid bisa saja terserap ke dalam aliran darah

Efek samping seperti di atas mungkin saja terjadi meski tidak sering ditemui. Namun ada juga kondisi yang lebih parah setelah penggunaan obat, seperti:

1. Rasa gatal yang parah

2. Mual

3. Sesak napas

4. Sakit perut

5. Muntah

6. Bengkak pada wajah, lidah, bibir, dan kerongkongan

Jika terdapat kondisi seperti di atas atau parah, segera hentikan penggunaan obat dan segera periksa ke dokter atau layanan kesehatan terdekat agar segera diatasi. Jangan sampai menjadi kondisi yang lebih parah lagi.

Itulah mengenai obat dan fungsi Fluokortolon Pivalat yang harus diketahui. Konsultasikan kepada dokter mengenai penggunaan obat agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya saat digunakan.

Jangan lupa untuk mendapatkan resep obat yang lebih baik hanya dari Lifepack. Unduh juga aplikasi Lifepack agar lebih mudah mendapatkan resep obat melalui Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *