Categories
Uncategorized

Informasi Candidiasis – Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Candidiasis merupakan salah satu infeksi yang diakibatkan oleh infeksi jamur candida albicans. Infeksi ini dapat mengancam bagian-bagian tubuh tertentu seperti organ genital, mulut dan tentunya kulit tubuh. Apabila tidak dilakukan penanganan yang baik dan juga tindakan preventif, dikhawatirkan jamur ini dapat menyebar hingga ke organ dalam seperti ginjal, jantung hingga otak, dengan melalui saluran pencernaan seperti tenggorokan. Infeksi jamur atau Candidiasis ini dapat dialami oleh siapa saja, khususnya bagi seseorang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah, seperti penderita diabetes, kanker maupun HIV/AIDS.

Gejala Candidiasis

Infeksi jamur candida yang menginfeksi beberapa bagian tubuh tersebut menimbulkan berbagai gejala yang berbeda di setiap bagian tubuhnya. Berikut beberapa gejala Candidiasis yang terjadi di beberapa bagian tubuh:

1. Candidiasis kulit atau cutaneous Candidiasis, dimana penderita akan mengalami gatal dan kemerahan pada beberapa bagian kulit tubuh seperti pada bagian selangkangan, ketiak, pangkal paha dan sekitar payudara. Hal ini diakibatkan bagian tersebut cenderung lembab juga mudah berkeringat. Tak sedikit juga dijumpai kulit yang kering dan juga pecah-pecah akibat dari infeksi dari jamur candida albicans ini pada kulit.

2. Candidiasis mulut atau thrush, yang mana timbul gejala seperti kemerahan pada rongga mulut hingga tenggorokan. Kemudian terdapat juga beberapa bercak putih dan juga kuning yang terdapat di bagian mulut seperti bibir, gusi, lidah dan langit-langit mulut. Tak jarang juga penderita merasakan nyeri pada saat menelan makanan.

3. Candidiasis vagina atau vulvovaginal yang mana menyerang bagian genital wanita yakni vagina, dengan gejala yang ditimbulkan seperti rasa nyeri dan juga terbakar pada saat buang air kecil, rasa gatal juga dirasakan pada bagian vagina. Terjadi pembengkakan dan juga kemerahan pada bagian vagina dan vulva. Rasa tidak nyaman pada saat berhubungan intim dengan pasangan dan timbul keputihan dengan bentuk yang gumpal.

Penyebab Candidiasis

Candidiasis yang berasal dari infeksi jamur candida ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh. Ini dapat terjadi jika sistem daya tahan tubuh lemah dan tidak mampu melawan ancaman virus dan bakteri yang datang dari luar. Beberapa keadaan yang dapat melemahkan daya tahan seperti menggunakan obat jenis kortikosteroid dan juga antibiotik yang jangka waktunya cukup lama. Selain itu, bagi penderita obesitas atau anoreksia (kekurangan nutrisi) juga rentan terhadap penyakit, karena kekebalan tubuhnya kurang.

Adapun Candidiasis yang terjadi pada area kulit dan juga kelamin sering dikarenakan oleh beberapa faktor. Diantaranya seperti:

·       Kebersihan diri sendiri yang kurang baik

·       Jarang mengganti pakaian yang sudah kotor

·       Jarang menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, sehingga kulit senantiasa berkeringat dan menjadi ladang subur pertumbuhan bakteri

·       Kondisi cuaca yang lembab

Pengobatan Candidiasis

Sebelum melakukan pengobatan, dokter terlebih dahulu akan memeriksa secara rinci terkait dengan gejala infeksi jamur candida tersebut, diantaranya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan juga beberapa tes seperti tes KOH dengan mengambil sampel kerokan pada kulit untuk melihat jenis jamur serta tes cairan vagina untuk mendeteksi adanya pertumbuhan serta jenis dari jamur pada bagian tersebut.

Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan beberapa obat anti jamur seperti:

·       Caspofungin

·       Clotrimazole

·       Miconazole

·       Micafungin

·       Amphotericin B

·       Nystatin

Itulah tadi beberapa informasi terkait dengan gejala, penyebab dan pengobatan pada Candidiasis yang diakibatkan karena infeksi jamur candida. Perlunya menjaga kebersihan dan daya tahan untuk menghindari perkembangan jamur ini.

Bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *