Categories
Uncategorized

Informasi Lengkap Obat Escitalopram

Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai obat yang bernama Escitalopram, karena ini memang obat yang tidak biasa. Hanya orang-orang yang pernah terkena penyakit depresi yang akut saja yang mengerti dan memahami mengenai obat apa ini sebenarnya. Karena pada dasarnya ini adalah obat yang digunakan untuk mengatasi depresi dan juga gangguan kecemasan dan juga fobia. Tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehubungan dengan obat ini, berikut penjelasannya.

Manfaat Obat ini

Ini sebenarnya adalah obat yang dibuat untuk meredakan depresi yang mungkin sudah sangat akut dan juga fobia ataupun serangan panik. Cara kerja dari obat ini sebenarnya adalah mengembalikan serotonin di dalam otak, yang bisa mengendalikan suasana hati. Dengan cara kerja seperti itu akan membuat depresi, fobia dan kepanikan akan jauh mereda dan suasana hati akan jadi lebih baik. Jadi manfaat utama adalah meredakan depresi, gangguan Obsesif Kompulsif, dan sejenisnya.

Hal Yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan merupakan hal yang sangat penting ketika mengonsumsi obat seperti ini. Karena kalau sampai salah konsumsi, malah akan berdampak efek samping yang jauh lebih besar lagi dan mungkin buruk bagi tubuh. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

1.     Tidak boleh konsumsi alkohol

2.     Jangan diteruskan bila muncul adanya tanda alergi pada obat ini

3.     Setelah konsumsi sebisa mungkin jangan berkendara terlebih dahulu

4.     Jangan hentikan konsumsi Escitalopram tanpa konsultasi dokter

5.  Beri tahu dokter kalau ada penyakit berbahaya seperti ginjal, hati, stroke, tiroid, dan beberapa penyakit bahaya lainnya.

6.     Segera ke dokter kalau muncul tanda ingin menyakiti diri ataupun bunuh diri

7.     Jika ingin merawat atau operasi gigi, perlu beritahukan dokter kalau konsumsi obat ini

8.     Jangan lupa juga beri tahu dokter kalau kalian konsumsi suplemen dan produk herbal

Dosis Penggunaan Obat

Dosis yang dipasang pada obat ini sangat bergantung pada kondisi dari pasien itu seperti apa dan juga bagaimana. Itulah mengapa perlu ada konsultasi dokter terlebih dahulu kalau ingin menggunakan obat ini supaya tidak terlalu berlebihan dosisnya. Berikut informasi dosisnya.

1.     Depresi, Gangguan kecemasan dan obsesif kompulsif

Untuk dewasa 10mg dan satu kali sehari, untuk lansia 5 mg sekali sehari. Penggunaan Escitalopram bisa ditingkatkan dua kali lipat dari sebelumnya setelah 7 hari atau saran dokter.

2.     Fobia Sosial

Untuk dosisnya sebenarnya sama saja dengan sebelumnya, untuk dewasa 10mg sekali sehari dan lansia 5 mg sehari sekali. Bisa ditingkatkan dan diturunkan sesuai dengan kondisi pasien seperti apa.

3.     Serangan Panik

Untuk penggunaan pada serangan panik, baik dewasa dan juga lansia itu takarannya adalah 5mg untuk satu hari sekali. Dan penggunaannya biasanya hanya 7 hari namun tetap melihat kondisi dari pasien seperti apa.

Cara Konsumsi Obat

Sebaiknya konsumsi obat itu dilakukan di waktu yang sama terus setiap harinya, apakah pagi ataukah malam hari. Kalau kalian mengalami gangguan tidur, maka kalian sebaiknya konsumsi pada waktu pagi hari saja di setiap harinya. Nah sebaiknya juga kalian itu selalu rutin periksa ke dokter untuk mengetahui respons dari penggunaan obat Escitalopram.

Apabila kalian ingin membeli obat sesuai resep, maka kalian bisa install aplikasi Lifepack yang merupakan apotek online. Di sana kalian bisa tebus obat dan konsultasi langsung ke dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *