Categories
Penyakit

Ini Gejala dan Penyebab Epilepsi Yang Terjadi Pada Tubuh

penirumasliusa com – Penyakit epilepsi tentunya tidak asing bukan? Seringkali penyebab epilepsi adalah faktor dari genetik itu sendiri bahkan bisa jadi kondisi kesehatan tubuh sendiri. Penyakit ini dikenal oleh masyarakat melalui reaksi kejang pada seseorang yang terkena epilepsi yang terjadi secara tiba-tiba.

Baca: Tips Cepat Atasi Asam Lambung

Bisa juga seseorang yang terkena ini akan mengalami perilaku yang tidak seperti biasanya dan hilang sadar. Kejang ini tentunya menjadi tanda epilepsi yang bermula dari impuls listrik yang dimiliki otak menjadi kelebihan sehingga mengakibatkan reaksi ke otot tubuh dan menimbulkan kejang.

Gejala Penyakit Epilepsi

Dalam kasus ini terkadang reaksi yang ditimbulkan juga bisa jadi berbeda-beda seperti pandangan kosong maupun gerakan lengan maupun kaki. Untuk gejalanya sendiri dapat dilihat dari sebagai berikut :

1. Kondisi Kebingungan

Dalam hal ini seseorang yang mengalami gejala epilepsi akan terasa mengalami gejalanya yaitu menjadi kebingungan sementara. Sehingga tatapan menjadi kosong dan terdiam, seperti kehilangan arah.

2. Terjadi Kejang- Kejang

Dalam hal ini seseorang akan menjadi kejang-kejang serta menimbulkan gerakan pada lengan serta pergelangan pada kaki yang tidak terkendali kemudian menjadi kehilangan kesadaran setelah itu dan jatuh pingsan.

3. Mengalami Gangguan Gejala Psikologis

Perihal dalam kasus penyakit ini menjadikan seseorang mengalami rasa takut bahkan cemas yang berlebihan bahkan juga seseorang menjadi dejavu sebab penyakit epilepsi ini yang terjadi pada seseorang tersebut.

Penyebab Terjadinya Penyakit Epilepsi

Dalam hal ini akan dibahas apa saja penyebab epilepsi sehingga bisa terjadi pada tubuh manusia. Berikut Penjelasannya :

1. Genetik Pada Seseorang

Pada pernyataan ini penyebab terjadinya epilepsi bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetik dalam tubuh seseorang. Hal ini menjadi sebagian penyebabnya, karena dengan terdapatnya gen tertentu dalam tubuh dapat menimbulkan keadaan dimana seseorang menjadi tingkat sensitif untuk kondisi lingkungan tertentu bahkan ada yang berasal dari keluarganya sendiri.

2. Trauma Maupun Cedera Di Bagian Kepala

Tentunya seorang yang pernah mengalami trauma di bagian kepala sebab jatuh dalam berkendara maupun terbentur sesuatu yang keras dapat menjadi penyebabnya. Dalam kasus ini diharapkan seseorang lebih berhati-hati dalam beraktifitas yang bisa jadi mencederai kepala. Contohnya saja saat berkendara maupun bermain ski dengan memakai helm.

3. Pengaruh Usia

Dalam hal ini dapat dilihat dari penyebab penyakit epilepsi, hal ini terjadi biasanya pada usia kanak-kanak maupun terjadi pada usia lansia. Namun tentunya penyakit ini tidak hanya pada anak-anak saja dan lansia, akan tetapi dalam kondisi tersebut penyakit epilepsi juga bisa menyerang di berbagai usia.

4. Mempunyai Penyakit Stroke dan Pembuluh Darah

Untuk seseorang yang memiliki riwayat kesehatan stroke dan pembuluh darah juga harus berhati-hati. Sebab penyakit yang dapat menjadi kerusakan otak dan bisa juga menjadi penyakit epilepsi. Oleh sebab itu yang memiliki penyakit ini diharapkan bisa tidak mengkonsumsi seperti alkohol dan tidak merokok serta melakukan rutinitas olahraga yang baik.

Dari penyebab epilepsi ini masih ada penyebab lainnya seperti terdapat infeksi serta adanya gangguan yang terjadi pada otak, demensia maupun gangguan perkembangan pada tubuh seseorang. Namun dalam kebanyakan kasus epilepsi ini akan mengalami kejang yang sama sehingga terlihat serupa dalam kejadiannya.

Baca: Jenis Tingkatan Kanker Tubuh

Sehingga dalam kasus ini diperlukan penanganan yang tepat dalam menghadapi kondisi tersebut. Sehingga penyebab epilepsi ini bisa ditangani secara baik. Karena hal ini bisa terjadi oleh siapapun tanpa membedakan ras maupun latar belakangnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *