Categories
Penyakit

Inilah Penyebab Utama Hipertensi!

Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah tidak stabil, biasanya tekanan darah ini tinggi sekali. Kalau tidak segera dinormalkan tekanan darah tersebut bisa mengalami kelumpuhan atau stroke. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan tahu dulu apa penyebab Hipertensi ini, untuk penyebabnya itu bisa banyak sekali dan salah satunya adanya karena efek samping dari suatu obat. Biasanya kalau merasakan efek samping obat ini karena salah minum obat atau karena dosis obat yang diminum tidaklah tepat. Agar tidak lagi merasakan efek samping tersebut dan tidak terkena Hipertensi maka sebelum minum obat harus baca cara mengonsumsinya saja.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Tekanan darah tinggi? Jangan diremehkan karena bisa memicu terjadinya kerusakan anggota tubuh, agar Hipertensi ini tidak semakin parah maka perhatikan apa yang setiap harinya dikonsumsi. Sebab makanan dan minuman dapat memperburuk kondisi badan kalau Hipertensi, untuk makanan yang benar-benar harus dihindari itu ada banyak dan contohnya ada di bawah ini.

·         Daging Olahan

Makanan yang terbuat dari daging benar-benar harus dihindari oleh penderita Hipertensi sebab makanan olahan daging ini memakai garam yang banyak sekali. Garam yang ada di makanan tersebutlah yang jadi penyebab Hipertensi dan juga bisa membuat tekanan darahnya makin tinggi. Sodium yang terdapat di daging olahan ini akan membuat metabolisme tubuh tidak bisa lagi mengontrol tekanan darah. Makanya tidak bisa normal tekanannya, untuk jenis makanan daging ini adalah sosis dan juga ham.

·         Acar

Acar yang biasanya jadi pelengkap menu makanan itu jangan dikonsumsi dulu kalau sedang Hipertensi sebab acar juga sama seperti daging olahan yang ada banyak garamnya. Memang kalau membuat acar itu akan pakai garam dan juga cuka, agar proses pembusukan cepat terjadi maka garamnya diperbanyak. Kalau hanya makan acar satu kali saja tidak masalah tetapi kalau setiap kali makan pakai acar pasti berdampak buruk sekali untuk penderita Hipertensi.   

·         Makanan Kaleng

Makanan kaleng yang biasanya mudah ditemukan di swalayan ini memang enak tetapi hanya orang yang sehat saja yang boleh memakannya. Kalau yang Hipertensi tidak boleh sampai mengonsumsi makanan kalengan ini karena makanan kaleng itu ada kandungan Natrium yang tinggi sekali. Kalau makanan kaleng kandungan Natriumnya bisa melebihi 2000 mg padahal kalau tubuh itu hanya bisa menerima asupan Natrium sebanyak 2.300 mg saja.

·         Kopi

Kalau minum kopi bisa membuat tenang dan juga akan menghilangkan rasa kantuk tetapi kopi ini tidak boleh sampai diminum penderita Hipertensi karena kopi ini merupakan penyebab Hipertensi. Kandungan kafein yang ada di kopi tersebut yang akan membuat Hipertensi tidak pernah hilang karena tekanan darah akan terus tinggi. Jadi kalau mau cepat normal tekanan darahnya tinggal hindari saja kopi.

Cara Termudah Mencegah Terjadinya Hipertensi

Untuk tahu cara menjaga tekanan darah agar tetap normal itu harus tahu dulu apa yang jadi penyebab Hipertensi, kalau penyebabnya adalah kelainan pada anggota tubuh maka sulit mencegahnya. Tetapi kalau terjadinya karena efek samping sebuah obat maka hindari saja mengonsumsi obat tersebut saja. Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tidak mengandung banyak sodium juga jadi cara pencegahan Hipertensi.

Ingin berkonsultasi dengan dokter tentang Hipertensi? Unduh langsung aplikasi Lifepack. Aplikasi tebus resep obat, termudah dan tidak antri. Tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *