Categories
Makanan Tips Sehat

Jangan Dibuang, Ini 7 Kegunaan Biji Pepaya untuk Kesehatan Rambut

Kegunaan Biji Pepaya

Banyak orang yang gemar mengonsumsi buah pepaya. Selain rasanya yang segar, buah ini juga mudah didapatkan. Harganya juga cenderung murah. Selain daging buahnya biji pepaya ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini dia beberapa kegunaan biji pepaya untuk kesehatan rambut.

1. Melebatkan Rambut

Kegunaan biji pepaya yang pertama bagi kesehatan rambut adalah membantu melebatkan rambut. Biji pepaya sendiri mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu rutin mengonsumsi buah pepaya setidaknya seminggu tiga kali dalam jangka waktu yang panjang efektif untuk mengurangi penipisan rambut.

2. Mengobati Ketombe

Manfaat selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah ketombe pada rambut. Hal ini disebabkan karena buah pepaya kaya akan kandungan antioksidan. Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah jamur yang mirip seperti ragi atau sering disebut dengan malassezia.

Sebuah artikel yang telah diterbitkan dalam US National Institute of Health menunjukkan jika sifat anti jamur pada biji pepaya mampu mengendalikan dan mencegah tumbuhnya ketombe. Jadi kini Anda bisa memanfaatkan biji pepaya untuk membantu mengatasi masalah ketombe.

3. Menutrisi Rambut

Sebuah penelitian menunjukkan jika kandungan vitamin pada buah pepaya mampu membantu kulit kepala untuk menghasilkan sebum yang memberi nutrisi, memperkuat dan melindungi rambut. Agar bisa merasakan manfaat ini Anda hanya perlu menjadikan buah pepaya atau biji pepaya sebagai masker. Cara pembuatan masker biji pepaya juga cukup mudah. 

Untuk membuat masker rambut dari bahan yang satu ini Anda juga membutuhkan bahan tambahan lain seperti minyak kelapa dan madu. Campurkan semua bahan hingga menjadi pasta. Jangan lupa tambahkan minyak kelapa dan madu. Setelah itu oleskan pada area rambut dan biarkan selama 30 hingga 40 menit.

4. Membantu Pertumbuhan Rambut

Selain membantu mencegah radikal bebas untuk kulit, antioksidan pada buah pepaya juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok dan ingin mengobatinya secara alami, tak ada salahnya gunakan masker biji pepaya. Gunakan masker ini setidaknya 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Membuat Rambut Cepat Panjang

Tak hanya mampu melebatkan rambut saja, rutin mengonsumsi atau menggunakan masker pepaya untuk rambut juga bisa menjadi salah satu usaha untuk memanjangkan rambut. Dibandingkan menggunakan obat kimia, cara yang satu ini terbilang lebih aman dan tidak berbahaya.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika buah pepaya kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Tanpa dicampur dengan makanan apa pun rutin mengonsumsi buah pepaya juga bisa menjadikan salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut.

7. Membuat Rambut Bercahaya

Bagi Anda yang tidak menyukai rambut kusam dan tidak enak dipandang, Anda juga bisa rutin menggunakan masker biji pepaya atau mengonsumsi buah pepaya. Selain beberapa hal di atas, biji pepaya juga bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih bercahaya. Masker biji pepaya mampu membantu rambut tampak bercahaya secara alami.

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, biji pepaya ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Di atas merupakan beberapa kegunaan biji pepaya bagi kesehatan rambut. Cara-cara tersebut juga terbilang alami tanpa menggunakan bahan kimia dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *