Categories
Uncategorized

Kenali Penyebab Sleep Apnea Dan Gejalanya

Sleep Apnea adalah sebuah gejala gangguan tidur berupa adanya periode henti nafas sejenak namun berulang ketika Anda sedang tidur. Kondisi ini terjadi karena seseorang mengalami gangguan pernafasan.  Faktor penyebab sleep apnea ada banyak, Anda harus mengenalinya agar supaya bisa mencegahnya agar supaya tidak menyebabkan dampak yang fatal untuk kesehatan tubuh. Sleep Apnea jika dibiarkan bisa membuat bagian otak serta bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Ketahui Beberapa Kondisi Yang Beresiko Untuk Alami Sleep Apnea

Kondisi gangguan tidur sleep Apnea bisa menyerang siapa saja tanpa kecuali. Bahkan anak-anak pun tak luput dari serangan sleep Apnea ini. Namun ada beberapa kondisi yang rentan mengalami sleep Apnea sehingga jika Anda mengenalinya mungkin saja Anda bisa mencegahnya dengan lebih baik.

1. Kegemukan

Ketika seseorang mengalami kegemukan atau obesitas maka berpeluang besar untuk alami sleep Apnea. Hal itu dikarenakan adanya penumpukan lemak yang ada di bagian saluran nafas atas sehingga bisa menghalangi saluran pernafasan.

 2.  Saluran udara sempit

Jika Anda kebetulan memiliki saluran udara atau pernafasan yang sempit maka besar kemungkinan akan beresiko untuk menjadi penyebab sleep apnea. Begitu juga jika Anda memiliki lingkar leher yang lebih tebal.

Bahkan kondisi kesehatan seperti memiliki amandel atau keberadaan kelenjar gondok yang bisa membesar yang kemudian bisa menghalangi jalan nafas sehingga membuat kondisi sleep Apnea mudah menyerang.

 3.  Perokok, peminum dan konsumsi obat penenang

Anda yang menjadi seorang perokok berat, sering meminum minuman beralkohol dan konsumsi obat penenang setiap harinya juga beresiko untuk alami sleep Apnea. Bahwa beberapa kondisi tersebut di atas bisa memperburuk kondisi otot di tenggorokan yang beresiko alami sleep Apnea.

 4.  Jenis kelamin dan usia

Sleep Apnea diketahui lebih banyak menyerang orang dewasa dan dari kalangan pria. Faktor genetik juga berperan untuk menjadi penyebab sleep Apnea Anda alami, ketika ada keluarga yang memiliki riwayat mengalami sleep Apnea.

Meski sleep Apnea jarang ditemukan pada wanita, namun penyebab sleep apnea  rupanya meningkat ketika wanita alami kegemukan dan setelah mendapatkan masa menopausenya.

Kenali Gejala Datangnya Sleep Apnea Untuk Langkah Penanganan Cepat

Setelah Anda mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab dan peluang seseorang untuk mengalami sleep Apnea. Berikutnya adalah ulasan tentang beberapa gejala datangnya sleep Apnea. Mengenali gejala akan membuat Anda bisa mengetahui apa yang terjadi dan bisa mengatasinya dengan cepat serta tepat.

Gejala yang pertama adalah di mana seseorang yang sedang tidur tiba-tiba mengalami henti nafas yang tak biasa sifatnya. Hal itu disertai dengan adanya dengkuran keras yang menjadi pertanda adanya gangguan pernafasan yang dialami.

Gejala yang berikutnya adalah di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur sehingga pada saat tidur mungkin saja alami terbangun dari tidur dengan mulut kering, terlihat memiliki nafas terengah-engah , sering mengantuk di siang hari dan alami kesulitan untuk berkonsentrasi.

Jika Anda merasa memiliki beberapa gejala yang disebutkan di atas maka sebaiknya langsung periksakan diri Anda ke fasilitas layanan medis terdekat. Dokter biasanya menyarankan Anda untuk menjalani sebuah tes yang bernama polysomnogram yang bisa dilakukan di klinik gangguan tidur atau di rumah saja. Itulah beberapa ulasan singkat tentang penyebab sleep Apnea.

Dapatkan layanan konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin melalui layanan Lifepack.  Unduh aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, layanan apotek online terkini untuk tebus resep obat mudah dan cepat.  Solusi berobat bebas antri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *