Categories
Dunia Kesehatan

Kenali Tentang Aterosklerosis Pada Tubuh

Dalam tubuh, terdapat jaringan arteri yang mana merupakan bagian dari pembuluh darah yang punya peran vital untuk mengalirkan oksigen serta nutrisi ke seluruh anggota tubuh. Bila arteri terganggu fungsinya akan menyebabkan penyakit aterosklerosis. Penyakit aterosklerosis adalah sebuah kondisi dimana pembuluh arteri mengalami ketegangan atau menjadi keras karena adanya plak dari kolesterol. Plak yang menumpuk tersebut lambat laun akan menyumbat pembuluh darah sehingga dapat mengakibatkan risiko yang buruk bagi tubuh, seperti timbulnya berbagai macam penyakit hingga berujung pada kematian.

Apa itu Aterosklerosis?

Aterosklerosis adalah kondisi menyempitnya dinding pembuluh darah arteri sebagai akibat dari banyaknya penumpukan plak kolesterol. Keadaan semacam itu merupakan salah satu pangkal dari terjadinya penyakit berbahaya seperti jantung koroner maupun kolesterol yang banyak terjadi pada sebagian besar masyarakat. Pembuluh dara yang tersumbat tadi mengakibatkan aliran darah, oksigen serta nutrisi jadi terhambat mengalir ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, organ tubuh pun jadi kekurangan nutrisi dan darah, yang menjadikan daya tahan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Gejala Penyakit

Pada awalnya, aterosklerosis tidak menimbulkan gejala yang dirasakan oleh penderitanya. Namun, bila penyumbatan semakin parah, akan timbul beberapa gejala yang mana perlu penanganan dari dokter atau pihak dari rumah sakit. Beberapa gejala yang dapat dimungkinkan muncul dalam penyakit aterosklerosis ini antara lain:

·         Daya penglihatan menjadi berkurang bahkan mengalami penurunan

·         Kepala terasa sakit

·         Badan menjadi kurang seimbang

·         Terasa kesulitan pada waktu bernafas

·         Jantung berdetak tidak stabil atau tidak berirama normal seperti biasanya

·         Timbul rasa nyeri dan sakit pada dada

·         Terjadi kelumpuhan pada organ tubuh, baik itu sebagian maupun keseluruhan

Penyebab Penyakit

Seperti yang telah dijelaskan, aterosklerosis adalah penyakit yang mana penyebabnya timbul dari adanya penumpukan plak lemak jahat pada arteri, sehingga menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan menjadi rusak atau cedera pada lapisan pembuluh dara arteri. Penyakit ini juga dapat dipicu dengan beberapa penyakit lain seperti tekanan darah tinggi atau dikenal dengan hipertensi, obesitas atau kelebihan berat badan yang mana membuat pembuluh darah jadi tersumbat oleh lemak, diabetes, kolesterol yang tinggi, pola makan yang tidak teratur serta kebiasaan untuk merokok dan juga minum minuman beralkohol.

Pengobatan Penyakit

Upaya untuk mengobati penyakit dapat dilakukan dengan obat-obatan, yang mana tujuannya untuk mengurangi rasa sakit dari gejala yang muncul dan juga mengurangi risiko penyumbatan yang lebih besar. Upaya lebih lanjut juga dapat dilakukan dengan rutin melakukan kontrol dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan, sehingga dapat mengantisipasi dari terjadinya penyumbatan yang lebih parah pada pasien.

Pencegahan Penyakit

Upaya mencegah dari timbulnya penyakit dan juga semakin parahnya penyakit dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Kemudian lakukan olahraga atau aktivitas fisik selama kurang lebih 30 hingga 40 menit untuk menjaga berat badan tetap normal dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh., sehingga hal tersebut dapat mencegah dari timbulnya penumpukan kolesterol jahat yang ada di dinding pembuluh darah arteri dalam tubuh.

Demikian tadi informasi menarik seputar aterosklerosis, dimana aterosklerosis adalah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol. Gaya hidup sehat perlu dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut.

Percayakan pemenuhan kebutuhan kesehatan dan beli obat hanya di Lifepack. Segera unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *