Categories
Dunia Kesehatan

Ketahui Alasan Anda Harus Cuci Tangan Dengan Benar

Sebelum Corona datang banyak orang yang mengabaikan pentingnya cuci tangan. Setelah Corona datang dan mulai diberlakukan aturan wajib untuk cuci tangan di berbagai tempat umum, kemudian muncul pertanyaan yaitu mengapa Kita harus mencuci tangan? Bahkan ada ketentuan dan syarat cuci tangan yang baik yang harus dipatuhi.

Manfaat dari Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar

Bahwa mencuci tangan dengan baik dan benar memang sangat penting karena bisa memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan Kita. Namun tentu saja mencuci tangan tak dilakukan dengan sembarangan. Tentu ada ketentuan yang menjamin proses cuci tangan dilakukan dengan baik dan benar agar supaya Kita bisa mendapatkan manfaat dari cuci tangan tersebut secara maksimal. Lalu apa saja alasan mengapa kita harus mencuci tangan?

1. Menghindari masuknya kuman

Dengan mencuci tangan maka Kita bisa menghindari dari masuknya kuman ke dalam tubuh Kita melalui permukaan tangan yang kotor. Kuman atau bakteri berbentuk sangat kecil yang tak mungkin terlihat oleh mata telanjang. Kita harus tetap waspada untuk membuat diri Kita tetap bersih dengan cara mencuci tangan setiap akan dan setelah melakukan sesuatu.

2. Mengurangi resiko sakit pencernaan dan infeksi pernafasan

Dengan mencuci tangan juga akan bisa mengurangi resiko sakit pencernaan seperti diare, biasanya hal itu terjadi ketika penderita makan dengan tangan yang kotor. Atau juga berpeluang menderita infeksi pernafasan karena tangan yang kotor menyentuh area mata, hidung dan mulut.

3. Mencegah terjadinya infeksi nosokomial

Ini adalah jenis infeksi yang terjadi pada saat menerima perawatan dari rumah sakit. Dan pencegahan ini berlaku untuk petugas penyedia layanan kesehatan, pasien hingga keluarga pasien. Dimana pada saat perawatan penyakit dilakukan di rumah sakit, pada saat berada di kamar rumah sakit banyak peluang untuk tertular dari mana pun infeksi tersebut berasal. Untuk itulah, baik petugas kesehatan, pasien maupun keluarga pasien harus tetap bisa menjaga protokol kesehatan saat berada di rumah sakit.

4. Mencegah penularan virus Corona

Dan alasan mengapa kita harus mencuci tangan dengan baik dan benar adalah karena hal itu bisa mencegah terjadinya penularan virus Corona pada Kita. Virus Corona diketahui bisa disebarkan melalui terkena droplet ludah pasien positif Corona, menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus dan berada satu ruangan yang sama dengan pasien tanpa pengaman masker.

Maka aturan protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan dengan baik dan benar serta selalu gunakan masker harus tetap dilakukan dimanapun dan kapanpun untuk alasan kesehatan.

Ketahui Cara Untuk Cuci Tangan Yang Baik dan Benar

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa mencuci tangan tidaklah dilakukan dengan sembarangan. Namun ada aturan khusus yang menjamin prosesnya benar-benar dilakukan agar supaya bisa menghilangkan kuman atau bakteri yang menempel di tubuh Kita dengan benar. Diantaranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan air yang mengalir. Jadi sangat tak disarankan mencuci tangan hanya dengan semangkuk air saja.

Kemudian aturan berikutnya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Agar supaya proses mencuci tangan benar-benar bisa menghalau kuman masuk ke dalam tubuh dengan baik. Dan pastikan proses cuci tangan dilakukan dengan benar yaitu dengan menggosok seluruh area tangan dan bersihkan sela jari dengan teliti. Itulah beberapa alasan mengapa kita harus mencuci tangan dan cara melakukannya dengan baik serta benar. 

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Download aplikasi kesehatan  Jovee melalui Google Play Store atau App Store. Dapatkan rekomendasi vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *