Categories
Obat

Ketahui Dosis Dan Pemakaian Obat Benzalkonium Chloride

Benzalkonium klorida atau benzalkonium chloride merupakan zat amonium yang mana cukup banyak terkandung pada produk antiseptik dan desinfektan seperti halnya sabun maupun shampo. Zat tersebut juga jadi salah satu zat yang ikut dimasukkan dalam penyusunan produk obat yang manfaatnya untuk gangguan ringan pada mata dan juga preparat mulut.

Zat amonium tersebut bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dari virus, bakteri maupun jamur yang nantinya dapat berkembang dan membahayakan tubuh manusia. Beberapa produk yang dijumpai di pasaran yang menggunakan zat amonium atau benzalkonium chloride dalam kandungannya antara lain seperti Y-Rins, Aloclair dan juga Rohto. Obat ini termasuk dalam kategori obat bebas, yang mana dapat dikonsumsi oleh anak-anak, dewasa dan juga kalangan lanjut usia.

Aturan Pakai

Penggunaan obat benzalkonium chloride pada anak haruslah perlu pengawasan yang ketat.

·         Tidak diperkenankan penggunaan obat benzalkonium chloride untuk membersihkan lensa kotak atau softlens.

·        Konsultasikan pada dokter mengenai kondisi, riwayat penyakit serta riwayat obat-obatan yang tengah digunakan, termasuk produk herba dan suplemen.

·         Bagi penderita gangguan metabolisme gula, penggunaannya perlu hati-hati.

·     Bila terjadi adanya reaksi alergi ataupun overdosis setelah pemakaian obat, segera datangi dokter atau layanan medis terdekat.

Cara Pemakaian

Pada saat menggunakan obat benzalkonium klorida ini haruslah mengikuti anjuran dari dokter. Selain itu, baca juga petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Tidak diperkenankan untuk menambah ataupun mengurangi dari dosis yang telah diberikan oleh dokter tanpa adanya izin dari dokter terkait. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengakibatkan kondisi yang semakin memburuk nantinya.

Penggunaan obat juga harus dilakukan secara rutin dan teratur guna memperoleh hasil pengobatan yang maksimal. Bila tidak dijumpai adanya tanda-tanda gejala membaik setelah pemakaian obat yang sesuai dosis dan juga waktu yang telah ditentukan oleh dokter, maka dapat kembali menemui dokter dan berkonsultasi terkait hal tersebut.

Dosis Pemakaian

Adapun dosis pemakaian dari obat benzalkonium klorida ini antara lain:

·         Preparat untuk organ mata sebesar 0,01-0,02%

·         Preparat untuk rongga mulut sebesar 0,01-0,1%

·      Guna mengetahui keterangan terkait dosis lebih lanjut, pengguna dapat berkonsultasi kepada dokter terkait dengan dosis pemberian obat sesuai dengan kondisi dari tubuh.

Efek Samping Pemakaian

Seperti halnya obat bebas pada umumnya, benzalkonium chloride ini juga dapat menyebabkan timbulnya efek samping bila penggunaannya tidak sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Beberapa efek samping yang dimungkinkan timbul dari penggunaan benzalkonium chloride ini antara lain:

·         Pembengkakan pada bagian wajah, kaki dan juga tangan

·         Robeknya permukaan kornea

·         Iritasi pada kulit

·         Konjungtiva

·         Rasa gatal pada permukaan kulit

·         Gejala infeksi

Interaksi Obat

Pada saat penggunaan obat dibarengi dengan obat lain secara bersamaan, maka akan timbul reaksi yang dapat berdampak pada tubuh. Oleh karena itu, ketika ingin menggunakan obat secara bersamaan, hendaknya melakukan konsultasi pada dokter dan nantinya dokter akan memberikan alternatif dosis yang sesuai untuk penggunaan obat secara bersamaan.

Bila dilakukan konsumsi obat benzalkonium chloride secara bersamaan dapat mengakibatkan peningkatan risiko dari toksisitas kornea yang mana umumnya dijumpai pada penggunaannya secara bersamaan sebagai pengawet pada obat tetes mata anestesi. Pemakaian obat hendaknya mengikuti aturan dan juga resep dari dokter serta obat yang dikonsumsi juga perlu disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Demikian tadi informasi mengenai obat benzalkonium klorida yang dapat bermanfaat sebagai antiseptik dan desinfektan untuk membunuh bakteri maupun jamur.

Tertarik untuk berkonsultasi terkait kesehatan? unduh aplikasi Lifepack untuk tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *