Categories
Makanan

Ketahui Manfaat Biji Semangka Bagi Anda

Bila berbicara mengenai semangka, sebagian besar dari masyarakat cenderung berpikiran pada bentuknya yang berwarna merah berair dan juga manis, bahkan cukup sedikit yang mengetahui tentang manfaat dari buah dan juga manfaat biji semangka ini. Beredar juga mitos terkait dengan biji semangka yang bila tertelan akan dapat tumbuh dalam perut. Namun nyatanya biji yang terdapat dalam jumlah banyak pada semangka nyatanya menyimpan kandungan nutrisi yang bermanfaat seperti halnya pada buahnya.

Di artikel ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai khasiat dari buah semangka yang dapat memberikan beragam manfaat, khususnya bagi penggemar dari buah semangka ini. Mungkin dengan mengetahui manfaat yang terkandung, bukan tidak mungkin konsumsi semangka akan dapat lebih banyak lagi.

Manfaat Buah Semangka

Pada buah semangka terdapat manfaat yang beragam, tidak hanya buahnya saja. Banyak dari nutrisi semangka juga dibutuhkan oleh tubuh. Dan berikut ini, akan dijelaskan secara lengkap terkait dengan manfaat dari buah semangka.

·         Baik untuk kesehatan jantung

Buah semangka mengandung likopen yang tinggi yang mana sangat efektif untuk menjaga sel dari adanya kerusakan. Molekul likopen ini juga dapat membantu untuk menurunkan dari risiko terjadinya penyakit jantung dalam tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Jantung Amerika, menyebutkan bahwa ekstrak dari buah semangka nyatanya dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi serta orang yang mempunyai gejala obesitas. Bagi wanita sendiri, semangka penting untuk menurunkan tekanan darah pada arteri yang cenderung kaku bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Semangka juga diyakini tinggi akan asam amino yang disebut dengan istilah citruline. Tipe asam amino jenis ini dapat membantu dalam mengalirkan darah secara lancar dalam tubuh.

·         Membantu mengurangi gejala dehidrasi serta melancarkan pencernaan

Perlu diketahui bahwa kandungan air dalam sebuah semangka cukup tinggi, sehingga kandungan air yang banyak tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kandungan air dalam tubuh. Karena kekurangan air atau dehidrasi dapat membuat tubuh menjadi lemas dan juga kehilangan konsentrasi. Semangka juga mengandung elektrolit yang tinggi, di mana elektrolit tersebut membantu untuk mencegah tubuh dari kepanasan.

·         Mencegah risiko terjadinya kanker

Tidak hanya dapat menurunkan risiko jantung, senyawa likopen yang terkandung juga dapat mencegah terjadinya kanker dalam tubuh. Likopen diyakini mampu menurunkan sel kanker prostat dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam semangka juga dapat membantu dalam melawan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu timbulnya kanker.

Manfaat Biji Semangka

Banyak dari orang-orang yang sering khawatir menelan biji semangka, padahal manfaat biji semangka amatlah banyak, beberapa manfaat biji semangka antara lain:

·         Mendukung fungsi dari otak dan juga sistem syaraf

Biji yang terkandung dalam semangka tersebut dapat mencegah kemunculan serta perkembangan dari penyakit Alzheimer yang menggagu sistem syaraf otak. Dalam biji juga terdapat kolin yang semacam antioksidan untuk otak dan juga sistem saraf. Kolin ini dapat membantu dalam pergerakan otot kemudian pengingat transmisi pada impuls saraf serta menjaga struktur sel dari membran.

·         Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin A yang terkandung dalam semangka dan bijinya juga dapat memberikan kesehatan pada kulit dan juga rambut. Pertumbuhan kolagen serta sel elastin dipicu dengan adanya vitamin A dari semangka ini.

Demikian informasi terkait dengan manfaat biji semangka dan buah semangka bagi jaringan tubuh manusia.

Pakai aplikasi Jovee untuk mencukupi kebutuhan suplemen harian anda. Cukup unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *