Categories
Tips Sehat

Ketahuilah Berapa Tekanan Darah Normal Sesuai Dengan Tingkatan Usia!

Tekanan darah normal merupakan suatu ukuran dari seberapa kuat jantung seseorang untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Seseorang akan dikatakan memiliki kinerja tubuh yang maksimal ketika memiliki tekanan darah yang normal. Bisa dikatakan normal jika kamu memiliki tekanan darah yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah, lalu berapakah tekanan darah yang bisa dikatakan normal? Sebenarnya setiap orang memiliki tekanan darah normal yang berbeda-beda tergantung pada usia seseorang.

baca juga: Ciri Kanker Serviks di Indonesia

Meskipun sudah memiliki tekanan darah yang normal, namun itu tidak akan berlangsung selamanya. Tekanan darah seseorang setiap saat bisa naik atau turun tergantung pada aktivitas, pola hidup, serta beberapa kondisi yang dialami oleh seseorang. Selain itu tekanan darah antara pria dan wanita juga kadang berbeda tingkat kenormalannya karena wanita akan mengalami proses hamil, menstruasi, serta menopause. Menurut tingkatan usia, orang dewasa memiliki tekanan darah yang berbeda dengan tekanan darah pada anak kecil. Simak penjelasannya berikut ini!

Tekanan Darah Pada Anak Kecil Yang Bisa Dikategorikan Normal

Karena memiliki fase pertumbuhan yang banyak dan tergolong cepat, tekanan darah yang bisa dikategorikan normal bagi anak-anak cenderung sulit untuk diketahui. Biasanya pada bayi yang baru lahir tekanan darah pada angka 90/80 mmHg sudah dikategorikan normal. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, angka tersebut akan terus menerus berubah. Ketika sudah mencapai usia 3-12 tahun maka angka tekanan darah tersebut berubah menjadi 104-113 mmHg hingga 119-127 mmHg, angka ini menunjukkan tekanan darah yang normal.

Tekanan Darah Pada Orang Dewasa Yang Bisa Dikategorikan Normal

Pada orang dewasa yang memiliki kondisi tubuh yang sehat tanpa adanya suatu penyakit bawaan, maka tekanan darah yang bisa dikategorikan normal adalah 120/80 mmHg. Karena memiliki pola hidup dan makan yang cenderung asal-asalan dan sembarangan, kondisi tekanan darah pada orang dewasa seringkali mengalami perubahan yang cukup drastis. Angka 120 pada tekanan darah tersebut menunjukkan tingkat tekanan jantung saat memompa darah, dan angka 8- merupakan angka ketika organ jantung beristirahat saat proses memompa darah.

Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Yang Bisa Dikategorikan Normal

Karena tergolong orang dewasa, maka tekanan darah pada ibu hamil yang bisa dikategorikan normal sama di angka 120/80 mmHg. Yang membedakan disini adalah pada kondisi ibu hamil ketika mengalami kenaikan atau penurunan maka angka akan berubah secara drastis, berbeda dengan kondisi lain yang perubahannya masih tegolong wajar.

Lalu Berapakan Tekanan Darah Penderita Hipotensi dan Hipertensi

Ketika seseorang tidak sedang dalam kondisi memiliki tekanan darah normal, maka ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu itu orang tersebut sedang mengalami tekanan darah tinggi atau sedang mengalami tekanan darah rendah. Tekanan darah tinggi tau yang biasa dikenal dengan hipertensi merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah yang berada di angka 130/80 mmHg, jauh dari angka normal yang berada di angka 120/80 mmHg. Kondisi ini sangat tidak baik dan dapat membahayakan jiwa, namun beberapa orang tidak mengetahui gejala dan ciri-cirinya. Sedangkan tekanan darah rendah atau Hipotensi merupakan kondisi dimana seseorang memilki tekanan darah yang berada di angka 90/80 mmHg atau dibawahnya. Tekanan darah rendah memiliki bahaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan darah tinggi.  

Tips Untuk Memiliki dan Menjaga Tekanan Darah Agar Selalu Normal

Memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah daripada kondisi normal tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Umumnya penderita tekanan darah tinggi atau darah rendah akan sering merasakan sakit kepala dan pusing yang berlebihan. Beberapa kondisi juga menunjukkan penderita akan mengalami mual, muntah, penglihatan rabun, sesak napas, bahkan sampai tidak sadarkan diri. Agar terhindar dari kondisi tersebut, anda perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga tekanan darah normal anda sebagai berikut :

  1. Rajin berolahraga
  2. Mengkonsumsi garam sewajarnya
  3. Pola makan yang sehat
  4. Tidak stress

iktui tips tersebut untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *