Categories
Penyakit

Leukemia adalah Kanker Darah Berbahaya, Wajib Diwaspadai!

leukemia adalah

Leukemia adalah kanker darah yang bisa terjadi akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. leukemia juga bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui gejala, penyebab dan cara mengatasinya agar bisa terhindar dari penyakit ini. Nah berikut merupakan beberapa penjelasan yang perlu Anda ketahui. 

Ciri-Ciri dan Gejala Leukemia

Pada dasarnya leukemia sering tidak menimbulkan tanda-tanda. Gejalanya baru akan muncul ketika sel kanker sudah semakin banyak dan mulai menyerang sel tubuh. Gejala yang timbul juga cukup bervariasi tergantung pada jenis leukemia yang diderita. Jadi penting bagi Anda untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar terhindar dari jenis penyakit ini. 

Beberapa gejala dan ciri-ciri leukemia yang sering dialami antara lain seperti demam dan menggigil, mimisan, tubuh mudah merasa lelah, bintik merah pada kulit, berat badan yang turun secara drastis, mudah berkeringat,  perut terasa tidak nyaman, munculnya benjolan pada leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening hingga mudah terkena infeksi. 

Kapan Harus Segera Pergi ke Dokter

Pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila muncul gejala seperti demam berulang dan berkepanjangan yang disertai dengan mimisan. Gejala penyakit leukemia hampir menyerupai gejala penyakit infeksi lain, misalnya flu. Jadi pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan guna mendeteksi dini kemungkinan kanker dan bisa mencegah perkembangan penyakit tersebut. 

Jika Anda merupakan seorang perokok aktif dan sulit menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai langkah yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok. Terlebih lagi merokok merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko leukemia. 

Penyebab Leukemia

Pada umumnya penyakit leukemia disebabkan karena kelainan sel darah putih di dalam tubuh yang tumbuh secara tidak terkendali. Hingga saat ini belum diketahui penyebab dari perubahan yang terjadi. Namun ada beberapa faktor yang diduga menjadi saat penyebab penyakit leukemia. 

Faktor-faktor tersebut antara lain seperti menderita kelainan genetik (down syndrome), memiliki anggota keluarga yang pernah menderita leukemia, menderita kelainan darah (sindrom mielodisplasia, memiliki kebiasaan merokok, pernah bekerja di lingkungan yang terpapar bahan kimia, pernah menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi atau radioterapi. 

Jenis-Jenis Penyakit Leukemia

Pada umumnya penyakit leukemia dapat bersifat kronis dan akut. Pada leukemia kronis sel kanker berkembang secara perlahan dan gejala awal yang muncul tergolong ringan. Sedangkan pada leukemia akut, sel kanker berkembang sangat cepat dan gejala yang muncul dapat memburuk dalam waktu yang singkat leukemia akut terbilang lebih berbahaya dari leukemia kronis. 

Diagnosis Leukemia

Nantinya dokter akan menanyakan terkait gejala apa yang dialami penderita dan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter akan bisa mendeteksi tanda-tanda leukemia apa saja yang muncul. Mulai dari pucat akibat anemia, memar pada kulit, hingga pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening, limfa dan hati. 

Meski demikian melalui pemeriksaan fisik tersebut diagnosis leukemia belum bisa dipastikan. Untuk itu dokter membutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan diagnosis dan jenis leukemia yang dialami. Beberapa pemeriksaan tersebut meliputi tes darah dan aspirasi asumsi tulang. 

Di atas merupakan beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui seputar penyakit leukemia. Leukemia adalah kanker darah yang bisa muncul tanpa gejala dan menyerang siapa saja. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin penting untuk dilakukan guna mendeteksi kanker sejak dini. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat kanker dalam keluarga. 

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *