Categories
Uncategorized

Manfaat Dan Efek Samping Multivitamin

Multivitamin adalah suplemen makanan yang berfungsi untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi harian. Multivitamin diproduksi dengan berbagai merek dagang dalam bentuk yang beragam seperti tablet, kapsul, bubuk, cairan, hingga injeksi. Multivitamin mengandung beragam jenis vitamin dan mineral dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan gizi harian.

Manfaat Multivitamin Bagi Orang Tertentu

1. Bagi Anak-anak

Bagi anak-anak, khususnya anak yang mengalami kesulitan makan atau sangat pemilih dalam makanan. Multivitamin sangat diperlukan untuk menjaga asupan vitamin dan nutrisi pada anak. Sehingga proses tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan optimal.

2. Bagi Orang Dewasa

Bagi orang dewasa maupun lansia yang menderita osteoporosis, sangat membutuhkan asupan vitamin D yang baik dan tercukupi setiap harinya. Namun makanan dan minuman yang dikonsumsi terkadang tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian sehingga memerlukan asupan multivitamin.

3. Bagi Lansia

Multivitamin adalah suplemen makanan yang penting bagi lansia, pasalnya vitamin C yang terkandung dalam multivitamin dapat mencegah gangguan penglihatan pada lansia. Nutrisi lainnya seperti vitamin E dan Zinc dapat diperoleh dari suplemen multivitamin.

Efek Samping Konsumsi Multivitamin

Multivitamin juga dapat memberikan efek samping kepada kelompok orang tertentu atau pada kondisi tertentu. Berikut ini beberapa efek samping yang dapat terjadi pada penderita kelompok penyakit tertentu yang perlu diketahui:

1. Penderita Penyakit Jantung

Berdasarkan hasil riset selama 10 tahun belakangan, tidak ditemukan efek samping penurunan resiko pada penyakit jantung dan stroke setelah mengonsumsi multivitamin. Multivitamin mungkin dapat membantu menjaga kesehatan jantung apabila diimbangi dengan pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin.

2. Penderita Kanker

Pria yang mengonsumsi multivitamin secara rutin memiliki resiko penyakit kanker yang lebih rendah hingga 30 persen dibanding pria yang tidak mengonsumsi multivitamin. Namun beberapa penelitian lain menyebutkan tidak adanya efek samping dalam penyembuhan penyakit kanker dengan mengonsumsi multivitamin.

3. Menjaga Fungsi Otak

Multivitamin adalah suplemen yang tinggi akan berbagai jenis vitamin dan mineral. Kebutuhan mineral dan vitamin tertentu mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak agar lebih baik. Sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi gejala stres pada orang dewasa dengan konsumsi multivitamin secara teratur.

4. Kesehatan Mata

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi multivitamin memberikan efek samping terhadap degenerasi makula. Antioksidan yang terdapat pada multivitamin mampu menurunkan resiko terjadinya degenerasi makula yang menyebabkan katarak dan penyakit mata pada lansia.

Asupan Multivitamin Dari Makanan

Tidak semua orang dapat mengonsumsi multivitamin karena beberapa kandungan vitamin tidak cocok bagi kelompok orang tertentu. Adapun sebagian orang mengalami reaksi alergi ketika mengonsumsi multivitamin karena kandungan nutrisi yang tidak cocok bagi tubuhnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui multivitamin yang aman dari makanan seperti berikut ini:

  • Buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi dan vitamin alami yang baik untuk kesehatan sehingga tidak memiliki efek samping.
  • Produk olahan susu juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan.
  • Protein hewani dan protein nabati, Anda bisa mengonsumsi daging untuk mendapatkan protein hewani, dan juga kacang-kacangan untuk mendapatkan protein nabati.
  • Asupan protein dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan omega-3 dan asam lemak yang baik bagi kesehatan otak.

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat, maka konsumsi multivitamin adalah pilihan yang tepat. Sebaiknya ikuti anjuran dan dosis aman dalam mengonsumsi multivitamin atau konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Ingin dapatkan informasi menarik lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Unduh aplikasinya melalui Playstore maupun Appstore sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *