Categories
Obat

Manfaat Obat Lacto B dan Cara Pemberian yang Benar

obat lacto b

Diare bisa dialami siapa saja dan kerap tidak disadari apa yang menyebabkannya terjadi. Anda yang mengalami diare akan kesulitan untuk bisa fokus beraktivitas karena harus bolak-balik ke kamar mandi. Solusinya tentu perlu menggunakan obat agar bisa segera lembut. Berikut ini manfaat obat Lacto B dan cara pemberian yang benar. 

Manfaat Lacto B

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan terlihat sepele tetapi cukup mengganggu aktivitas. Anda yang mengonsumsi Lacto B akan merasakan manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Diare atau pun sembelit bisa diatasi dengan mengonsumsinya. 

Masalah diare dapat diatasi dengan mudah karena Lacto B membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh. Secara bersamaan jumlah bakteri buruk penyebab diare akan berkurang sampai akhirnya hilang. 

2. Alergi Laktosa

Beberapa orang kerap mengalami alergi jika mengonsumsi laktosa. Manfaat lain selain pengobatan diare obat ini juga bisa mencegah terjadinya intoleransi laktosa. Anda bisa mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan. Alergi ini bisa berupa gatal-gatal dan ruam. Biasanya alergi laktosa dialami oleh bayi atau anak-anak yang mengonsumsi susu formula. 

3. Suplemen

Ternyata obat ini juga bisa menjadi suplemen saat dikonsumsi. Anda bisa mengonsumsinya dengan aman untuk menambah energi karena Lacto B mengandung banyak vitamin yaitu vitamin C, vitamin B1, B2, B3, dan B6. 

Cara Pemberian Obat Lacto B

1. Campurkan dalam Makanan dan Minuman

Jika diare dialami oleh anak-anak maka pemberiannya bisa dengan memasukkan ke dalam makanan. Anda bisa menggunakan bubur sebagai solusi untuk mencampurkannya agar lebih mudah diminum. Bisa juga makanan lain yang biasa dimakan anak Anda. 

Pilihan lainnya Lacto B bisa dilarutkan ke dalam minuman seperti susu atau air putih. Ada pun pemberian dosis untuk anak-anak usia 1-6 tahun adalah 3 sachet sehari. Jika pemberian kepada bayi bisa dicampurkan ke dalam ASI yang sudah dipompa. Dosis untuk anak di bawah 1 tahun adalah 2 sachet per hari.

2. Dicampurkan ke Yogurt

Buat orang dewasa bisa mencampurkan Lacto B ke dalam yogurt untuk diminum atau Anda bisa melarutkannya ke es krim. Jangan pernah mencoba mengonsumsi Lacto B dengan menggunakan minuman bersoda. 

Setelah dilarutkan segera minum Lacto B agar khasiatnya tidak rusak. Pemberiannya tidak boleh di-doubel dalam sekali minum. Dosis minum Lacto B untuk orang dewasa juga tiga kali sehari dengan satu sachet sekali minum. 

Penyimpanan Obat

Anda perlu melakukan penyimpanan obat dengan benar agar khasiatnya tidak rusak dengan menyimpan di tempat kering dan sejuk seperti di dalam kulkas. Jangan biarkan Lacto B disimpan di tempat yang langsung terkena cahaya matahari ataupun lembap.

Efek Samping Obat

Anda akan merasakan beberapa efek samping setelah mengonsumsi Lacto B yaitu pusing, kelelahan, keram perut, mual, muntah, dan alergi. Reaksi efek samping lainnya bisa mengalami pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, atau pun tenggorokan.

Hanya saja tidak selalu setelah mengonsumsi obat akan mengalami reaksi efek samping ini. Jika Anda merasa tidak nyaman dan khawatir dengan efek samping ini bisa melakukan konsultasi ke dokter agar tidak terjadi risiko buruk lainnya. 

Obat Lacto B merupakan obat yang aman dikonsumsi dari bayi sampai dewasa sesuai ketentuan dosisnya. Anda bisa melakukan pembelian di apotek secara online jika tak ingin keluar rumah di masa-masa pandemi ini. Pastikan sebelum mengonsumsi obat membaca aturan pemakaiannya agar tidak kelebihan dosis karena bisa berisiko pada efek samping yang bisa terjadi nantinya.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *