Categories
Dunia Kesehatan

Masalah Obesitas Dan Pengaruhnya Untuk Kesehatan

Obesitas adalah kondisi dimana seseorang memiliki berat badan yang berlebih karena banyaknya tumpukan lemak dalam tubuh. Tumpukan lemak ini disebabkan karena orang tersebut mengkonsumsi kalori yang sangat banyak namun tidak dibarengi dengan aktivitas untuk membakar kalori yang dikonsumsi tersebut. Hal ini membuat berat badan ideal tidak tercapai dan akhirnya terjadi penumpukan lemak yang membuat obesitas.

Ketika seseorang mengalami obesitas maka akan ada masalah kesehatan yang mengikutinya. Obesitas menjadi salah satu pintu masuk untuk beberapa penyakit baik itu ringan maupun kronis. Obesitas saat ini sudah menjadi masalah yang melanda seluruh negara di dunia. Penderita obesitas semakin hari semakin bertambah dan sulit untuk dikendalikan pertumbuhannya.

Faktor Yang Menyebabkan Obesitas

Obesitas tidak terjadi karena terlalu banyak makan saja, biasanya ada faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Jika faktor utama penyebab obesitas ini tidak ditemukan dan dikendalikan maka berat badan akan terus naik. Mengobati obesitas harus dengan mengetahui faktor apa yang menjadi penyebabnya. Berikut adalah faktor yang menyebabkan obesitas ;

●  Gangguan Metabolisme

Seseorang yang mengalami obesitas bisa disebabkan karena gangguan metabolisme pada tubuh mereka. Metabolisme adalah proses menguraikan makanan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Ketika metabolisme anda terganggu maka makanan tidak bisa terurai dengan baik menjadi energi tapi justru menjadi lemak. Gangguan metabolisme tubuh menjadi salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang mengalami gangguan obesitas. Sangat jarang sekali orang yang mengalami gangguan metabolisme tubuh mendapatkan berat badan ideal. Selain menyebabkan obesitas, gangguan metabolisme tubuh juga membuat tubuh kekurangan energi.

●  Genetik

Seseorang yang memiliki garis keturunan penderita obesitas memiliki peluang lebih besar mengalami masalah yang sama. Obesitas bisa menurun melalui genetik seseorang. Jika anda memang memiliki garis keturunan dengan orang yang menderita obesitas maka anda sangat disarankan untuk menjaga pola makan dam olahraga anda. Jika anda abai dengan hal ini maka anda akan sangat mudah mengalami obesitas.

●  Malas Bergerak

Salah satu faktor yang cukup banyak membuat obesitas adalah malas bergerak. Dalam istilah zaman sekarang malas bergerak disebut dengan mager. Mager menjadi faktor penyebab obesitas karena kalori yang kita makan tidak digunakan dan akhirnya menjadi lemak. Setiap anda melakukan aktivitas maka anda membutuhkan kalori dan kalori ini akan menumpuk menjadi lemak ketika anda konsumsi dan tidak anda gunakan. Jangan bermimpi mendapatkan berat badan ideal ketika hobi anda adalah mager.

●  Pola Makan

Buruknya pola makan sudah pasti menjadi bagian yang paling berpengaruh pada obesitas. Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung kalori maka sudah pasti akan terjadi penumpukan lemak jika anda malas bergerak. Kendalikan pola makan anda agar obesitas tidak mengintai anda.

●  Hamil Dan Menopause

Seseorang yang hamil sangat berpotensi mengalami obesitas, hal ini sangat wajar karena adanya perubahan hormon. Selain itu seseorang yang sudah masuk ke dalam masa menopause memiliki peluang lebih besar mengalami obesitas.

Cara Mencegah Obesitas

Kesulitan untuk mendapatkan berat badan ideal dan justru mengalami obesitas banyak disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Cara yang paling efektif untuk mencegah obesitas adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat agar terhindar dari obesitas? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *