Categories
Dunia Kesehatan

Memahami Dehidrasi Pada Kulit

Banyak orang yang ingin mengetahui apa sebenarnya penyebab dehidrasi kulit. Kondisi kulit kering atau yang biasa kita kenal dengan istilah dehidrasi kulit adalah keadaan di mana seseorang kehilangan lapisan minyak kulit sehingga cairan yang ada pada kulit menjadi turun secara signifikan. Tentunya ada penyebab utama yang menjadikan seseorang mengalami dehidrasi pada kulitnya.

Penyebab Utama Dehidrasi Kulit

Menurut ilmu kesehatan ternyata ada beberapa penyebab utama seseorang mengalami dehidrasi pada kulitnya yaitu :

·         Tidak Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Asupan air untuk tubuh manusia sangatlah penting. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kulit manusia agar selalu terhidrasi. Oleh karena itu manusia harus selalu memenuhi kebutuhan cairan hariannya. Setidaknya seseorang harus mengkonsumsi air sebanyak 2 liter setiap harinya. Apabila kebutuhan air selalu tercukupi setiap harinya maka seseorang akan terhindar dari dehidrasi kulit.

·         Penggunaan Sabun Dengan Kandungan Deterjen

Penyebab dehidrasi kulit yang kedua adalah penggunaan sabun dengan kandungan deterjen. Kandungan deterjen pada sabun terdiri dari berbagai senyawa kimia yang termasuk dalam kategori keras. Apabila kamu terlalu sering menggunakan sabun yang ada kandungan deterjennya maka lapisan minyak kulit akan menghilang dan cairan kulit akan menurun drastis. Hasilnya adalah kamu akan mengalami dehidrasi kulit.

·         Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

Cahaya matahari akan membuat cairan pada kulit semakin menipis. Jika seseorang terlalu sering terkena cahaya matahari langsung tentunya dia memiliki potensi yang tinggi untuk mengalami dehidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan lotion untuk kulit kamu supaya nantinya kulit kamu bisa terlindungi dari cahaya matahari langsung.

·         Proses Penuaan

Proses penuaan pasti dialami oleh semua manusia di dunia. Proses penuaan menyebabkan penurunan fungsi dari kebanyakan bagian tubuh manusia. Salah satu dampak yang terasa adalah menurunnya aktivitas dari kelenjar minyak pada kulit manusia. Jika seseorang mengalami penurunan aktivitas kelenjar minyak pada kulit maka dia akan lebih mudah mengalami dehidrasi kulit.

Itulah beberapa penyebab dehidrasi kulit yang perlu kamu ketahui. Selanjutnya mari kita pahami mengenai beberapa makanan yang bisa membantu kita menjaga kesehatan kulit.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Manusia

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit kamu setiap harinya :

·         Buah jeruk

Jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang mampu menjaga kelembapan kulit dan menjaga kesehatan kulit manusia. Dengan memenuhi asupan vitamin C setiap harinya maka kulit kamu akan selalu terhidrasi dan juga selalu sehat.

·         Sayur Bayam

Bayam kaya akan kandungan vitamin E yang mampu menjaga kulit kita dari paparan cahaya matahari. Dengan memenuhi asupan vitamin E setiap harinya maka kulit kamu akan selalu terjaga dari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari.

·         Buah Anggur

Anggur kaya akan kandungan vitamin C yang mampu menjaga kelembapan kulit dan menjaga kesehatan kulit manusia. Dengan memenuhi asupan vitamin C setiap harinya maka kulit kamu akan selalu terhidrasi dan juga selalu sehat.

·         Kacang

Kacang-kacangan kaya akan kandungan vitamin E yang mampu menjaga kulit kita dari paparan cahaya matahari. Dengan memenuhi asupan vitamin E setiap harinya maka kulit kamu akan selalu terjaga dari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari penyebab dehidrasi kulit.

Kamu bisa memperoleh vitamin terbaik hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee untuk mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik untuk kamu. Kamu bisa mengunduh aplikasi Jovee di Google Play Store maupun App Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *