Categories
Uncategorized

Memahami Kandungan Serta Manfaat Dari Curcuma

Salah satu tanaman herbal yang terbukti dalam pengobatan China yaitu temulawak. Sudah banyak orang yang telah menggunakan temulawak baik dalam bentuk asli maupun olahan untuk obat anti peradangan dan juga untuk penyembuh luka. Ada banyak manfaat curcuma bagi tubuh, namun sebenarnya apa saja manfaat dari curcuma yang sudah dibuktikan secara ilmiah? Pada artikel kali ini kita akan membahas bersama tentang kandungan serta manfaat sebenarnya dari curcuma.

Apa Itu Curcuma atau Temulawak

Curcuma atau temulawak sendiri adalah tanaman yang asli dari Indonesia, dimana bentuknya hampir serupa dengan kunyit. Dengan nama latin Curcuma Xanthorrhiza, memiliki bentuk silinder yang punya diameter sekitar 6 cm.

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman temulawak adalah rimbang atau umbi akar. Dari banyaknya rimpang, tanaman temulawaklah yang memiliki rimpang terbesar jika dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Awal mulanya tanaman curcuma tumbuh di area hutan, terutama hutan jati yang juga bersama dengan jenis tanaman temu lainnya. Tumbuh di area padang alang-alang dan juga tanah kering. Namun di jaman sekarang, menemukan temulawak cukup mudah sebab sudah banyak orang yang membudidayakannya di dataran tinggi.

Kandungan Curcuma

Sebenarnya manfaat curcuma atau temulawak ada banyak, dimana rimpang temulawak memiliki kandungan yang bermanfaat seperti kurkunoid, pati, protein, minyak atsiri, lemak selulosa, serta mineral. Dari semua kandungan, pati adalah komponen yang terbesar dalam rimpang temulawak.

Berikut ini informasi lengkap mengenai apa saja kandungan dari temulawak atau curcuma :

  • 79,96% karbohidrat
  • 1,52% protein
  • ยท1,35% lemak
  • 0,80% serat
  • 0,37% abu
  • 19, 07 ppm kalsium
  • 15 ppm kurkumin
  • 12,72 ppm magnesium
  • 11,45 kalium
  • 6,38 ppm natrium
  • 6,38 ppm zat besi
  • 0,88 ppm mangan
  • 0,02 ppm kadmium

Manfaat Tanaman Temulawak

Tentu dari banyaknya kandungan yang ada pada tanaman curcuma, manfaatnya juga banyak. Berikut adalah beberapa manfaat dari curcuma yang dapat kamu rasakan dan baik untuk kesehatan ;

  • Menjaga Kesehatan Liver

Data dari Scientific Reseach Journal adalah ekstrak temulawak ini telah terbukti memiliki manfaat untuk bisa melindungi hati dari hepatotoksin seperti contohnya acetaminophen dan karbon tetraklorida. Bahan kimia tersebut adalah bahan yang dapat menyebabkan efek yang buruk pada hati.

  • Obat Jerawat

Di dunia kecantikan, temulawak juga banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan obat jerawat. Sebab temulawak memiliki sifat astringent, yang bermanfaat mengurangi produksi minyak pada kelenjar kulit.

Kesimpulan

Memiliki banyak sekali manfaat, temulawak atau curcuma ini masih belum dapat dijadikan sebagai pengganti obat. Sebab masih harus dilakukan penelitian lanjut agar dapat membuktikan manfaat curcuma bagi kesehatan. Namun hanya untuk dijadikan sebagai terapi penunjang kesehatan, bukan untuk menjadi obat penyembuhan penyakit.

Jamu juga dijadikan salah satu olahan dari temulawak, namun masih memiliki standar dosis tetap sehingga efek untuk kesehatan tubuh berbeda-beda setiap orangnya. Namun walaupun manfaat dari curcuma sudah dibuktikan lewat banyak penelitian, masih belum dapat bekerja secara efektif untuk semua orang yang mengkonsumsinya,

Wajib berkonsultasi dengan dokter dalam penggunaan temulawak untuk obat pendukung atau pendamping agar manfaat curcuma dapat diterima tubuh dengan baik. Sebab walaupun termasuk dalam bahan alami, kandungan dari temulawak belum tentu cocok atau bisa saja berinteraksi negatif dengan obat yang kamu konsumsi.

Kami dapat membantu memenuhi kebutuhan suplemen anda. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *