Categories
Tips Sehat

Mencegah Tangan Sering Menyentuh Wajah

Tangan adalah salah satu bagian tubuh manusia yang menjadi tempat favorit dari bakteri dan virus yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini memang wajar karena tangan kita sering melakukan kontak secara langsung dengan benda-benda yang mungkin membawa bakteri atau virus yang berbahaya bagi kesehatan. Sampai saat ini orang-orang sangat membutuhkan cara mencegah tangan ke wajah supaya bakteri atau virus yang ada di tangan tidak menempel di wajah. Seperti yang kita tahu bahwa di area wajah ini ada beberapa indra manusia, sehingga sangat berbahaya jika nantinya virus yang ada di tangan kita terbawa menuju ke indra-indra yang ada di area wajah kita.

Menyentuh wajah dengan menggunakan tangan memang sudah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat entah untuk sekedar mengusap wajah, menggaruk wajah karena gatal, dan lain sebagainya. Memang kegiatan ini cukup sepele, namun dampak yang dihasilkan cukup besar bagi kesehatan seseorang. Terlebih sekarang di Indonesia sedang terjadi pandemi virus COVID-19. Virus ini bisa dikatakan sangat mengancam kehidupan seseorang. Sejauh ini sudah banyak kasus dimana orang meninggal dunia akibat serangan virus COVID-19.

Lembaga kesehatan dunia atau yang kita kenal sebagai WHO mengemukakan bahwa virus COVID-19 ini mudah menular hanya melalui tangan manusia. Tentu hal ini sangatlah berbahaya bagi kamu yang sering menggunakan tangan untuk menyentuh wajah kamu. Bayangkan jika ternyata tangan kamu membawa virus COVID-19 lalu kamu menyentuh wajah kamu berkali-kali. Tentunya hal tersebut akan mempermudah virus COVID-19 masuk ke dalam tubuh kamu.

Menanggapi hal ini seharusnya kita mulai mempertimbangkan kembali jika ingin menyentuh wajah kita menggunakan tangan. Untuk mengatasi hal tersebut mari kita pahami bersama-sama mengenai cara mencegah tangan ke wajah supaya bakteri atau virus yang ada di tangan tidak menempel di wajah.

Cara Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba supaya tangan kamu tidak sering menyentuh wajah yaitu :

·         Buat Sugesti Sendiri

Tanamkan sugesti pada pikiran Anda sendiri bahwa jika kamu menyentuh wajah menggunakan tangan maka nantinya kamu akan menderita berbagai penyakit berbahaya. Coba kamu lakukan sugesti ini selama kurang lebih 21 hari hingga 28 hari.

·         Gunakan Alat Pengganti

Kamu bisa menggunakan alat pengganti yang bisa menggantikan peran tangan dalam menyentuh wajah kamu. Pastikan alat yang akan kamu gunakan untuk menyentuh wajah sudah kamu semprotkan cairan disinfektan, supaya tidak ada virus atau bakteri yang menempel. Cara mencegah tangan ke wajah yang satu ini adalah yang paling sering digunakan oleh orang-orang.

·         Sering Gunakan Disinfektan Pada Tangan

Disinfektan ini biasanya akan memberikan bau khas kepada tangan kamu. Jadi nantinya jika kamu secara tidak sadar akan menyentuh wajah dengan tangan kamu, maka kamu akan mencium bau khas disinfektan sehingga kamu bisa menggagalkannya.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tangan kamu tidak sering menyentuh wajah. Selanjutnya mari kita pahami manfaat dari tindakan ini.

Dua Manfaat Tidak Sering Menyentuh Wajah

·         Terbebas Dari Influenza

Penelitian mengemukakan bahwa influenza terjadi akibat kontak tangan dengan wajah.

Terbebas Dari COVID-19

WHO menyatakan tangan menjadi media penularan virus COVID-19. Pastikan kamu melaksanakan cara mencegah tangan ke wajah supaya kamu aman dari COVID-19.

Ingin tips kesehatan lainya? Dapatkan semuanya di Ngovee. Download aplikasi Jovee melalui Google Play Store atau App Store. Jovee menyediakan vitamin terbaik untuk kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *