Categories
Uncategorized

Mengapa Kulit Bersisik Parah?

Seseorang terkadang mengalami kulit bersisik yang sangat parah. Kondisi ini cukup langka tapi memang ada orang-orang yang mengalami kelainan kulit seperti ini. Kelainan pada kulit ini disebut dengan iktiosis. Iktiosis terjadi karena adanya masalah pada proses regenerasi kulit. Proses pengelupasan dan pergantian kulit tidak seimbang sehingga kulit tidak lembab dan akhirnya kering dan bersisik.

Keluhan semacam ini bisa terjadi di area punggung, perut, area tulang kering, tungkai, kulit kepala, siku hingga wajah penderitanya. Gejala ini akan terus memburuk ketika sedang musim dingin, namun gejala akan sedikit membaik jika kondisi udara lebih hangat. Gejala ini bisa diatasi jika anda melakukan treatment yang tepat.

Gejala Iktiosis Yang Muncul

Selain kulit terasa kering, mengeras hingga bersisik ada lagi beberapa gejala yang dirasakan ketika orang mengalami kelainan pada kulit yang dikenal dengan nama iktiosis. Berikut gejala yang mungkin dirasakan penderita iktiosis ;

●  Kulit Merah Dan Gatal

Gejala jika seseorang mengalami iktiosis maka orang tersebut biasanya memiliki gejala kulit yang kemerah-merahan dan terasa sangat gatal. Kondisi ini akan parah ketika cuaca menjadi dingin namun gejala akan sedikit membaik ketika cuaca terasa lebih hangat. Gatal pada bagian kulit yang terkena iktiosis biasanya akan sangat mengganggu karena membuat rasa yang sangat tidak nyaman. Biasanya penderita akan mengambil solusi dengan mengoleskan krim anti gatal atau bedak tabur untuk meredakan gejala gatal yang timbul.

●  Kulit Mudah Mengelupas

Orang yang memiliki kelainan kulit iktiosis cenderung memiliki kulit yang sangat mudah terkelupas dibandingkan dengan orang yang sehat. Hal ini terjadi karena memang masalah pengelupasan kulit menjadi isu utama para penderita iktiosis.

●  Kulit Kaku

Ketika orang mengalami kondisi iktiosis, kulit akan kehilangan kelembabannya. Ketika ini terjadi maka kulit akan terasa sangat kaku, kencang dan sulit untuk digerakkan. Kelembaban kulit menjadi faktor utama yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

●  Kulit Pecah-pecah

Karena kulit kurang lembab atau kehilangan kelembabannya maka kulit akan terlihat pecah-pecah yang tentu saja tidak enak dilihat. Selain itu kulit akan terasa sangat kasar.

●  Sulit Berkeringat

Pada bagian kulit yang mengalami iktiosis akan sangat sulit mengeluarkan keringat. Pori-pori yang ada pada bagian kulit yang terkena iktiosis akan mengecil bahkan menutup rapat. Hal ini tentu saja bisa membuat keringat tidak menemukan jalan untuk keluar.

Perlukah Mendapatkan Pengobatan?

Kelainan kulit seperti iktiosis bisa memerlukan pengobatan secara intensif karena bisa menyebabkan komplikasi lain. Sebaiknya bagi penderita iktiosis untuk memeriksakan kondisi penyakitnya secara rutin agar tahu perkembangan penyakitnya. Pengobatan menjadi sangat penting untuk dilakukan ketika penderitanya adalah seorang bayi atau anak-anak. Kelainan pada kulit ini harus segera diredakan gejalanya.

Apakah Iktiosis Bisa Sembuh?

Sampai sekarang belum ada ilmu kedokteran yang benar-benar bisa menyembuhkan iktiosis. Pengobatan hanya dilakukan agar gejala yang timbul bisa diredakan dan mencegah komplikasi yang timbul. Namun untuk iktiosisnya sendiri belum bisa benar-benar disembuhkan. Jadi usaha yang bisa anda lakukan adalah dengan terus mengobati gejala yang ditimbulkan saja. Jika anda melakukan pengobatan untuk meredakan gejala yang ditimbulkan maka kelainan kulit seperti iktiosis ini bisa sangat diminimalisir resiko bahayanya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis mengenai kondisi iktiosis? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *