Categories
Penyakit

Mengenal Bahaya Penyakit Histoplasmosis

Banyak orang yang belum tahu dengan penyakit yang satu ini. Histoplasma yaitu salah satu penyakit infeksi yang disebabkan karena spora jamur yang bernama Histoplasma Capsulatum. Jika terkena penyakit ini bisa disebabkan karena tidak sengaja menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh spora jamur itu. Tapi meskipun demikian Histoplasmosis tidak menular dari manusia ke manusia yang lain.

Apa Saja Gejala Histoplasmosis?

Seseorang yang terkena penyakit ini bisa sampai lebih dari satu kali. Jika pada saat terkena penyakit ini untuk kedua kali maka kondisinya tidak akan separah dengan kondisi yang pertama. Pada umumnya Histoplasmosis tidak menimbulkan gejala yang signifikan, tetapi jika terkena pada orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah maka Histoplasmosis akan mempengaruhi organ vital yang lainnya. Ketika terkena penyakit Histoplasmosis dan mempengaruhi sistem saraf pusat, maka jenis penyakit ini bernama Histoplasmosis Diseminata. Lalu apa saja gejala umum yang dirasakan oleh penderita Histoplasmosis?

·         Demam

Histoplasma Capsulatum  akan menimbulkan gejala setelah 3-17 hari setelah terinfeksi spora jamur. Gejala awal biasanya penderita akan mengalami demam. Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh di atas 37 derajat celcius. Jika mengalami demam maka tubuh akan mengalami efek yang lainnya seperti merasa pusing dan gampang letih. Jika kondisi ini dibiarkan saja maka akan memperburuk keadaan dan mempengaruhi aktivitas kita. Segeralah untuk minum obat pereda demam yang mudah ditemukan di apotik tetapi harus sesuai aturan yang ada di kemasan kalau mengkonsumsinya.

·         Menggigil

Seseorang yang terkena Histoplasmosis maka akan merasakan suhu tubuhnya menjadi naik. Kondisi ini juga diikuti dengan menggigil. Badan akan terasa sangat tidak nyaman dan suhu udara terasa dingin sehingga bertolak dengan suhu tubuh. Kondisi ini akan sangat menyusahkan penderita, tetapi kalau sampai menggigil jangan malah memakai selimut tebal karena malah memperburuk keadaan saja.

·         Batuk Ringan/Kering

Ketika terinfeksi Histoplasma Capsulatum maka seseorang juga akan mengalami batuk kering, hal ini dikarenakan tenggorokan merasa gatal dan kering. Banyaklah minum air putih hangat dan juga madu, sebab dengan minum air hangat yang dicampur madu pasti batuk akan cepat reda dan tenggorokan jadi tidak gatal. Batuk kering juga tidak boleh dianggap remeh, sehingga kita harus segera mengobatinya. Upayakan agar tenggorokan tidak kering sehingga tidak akan menyebabkan radang tenggorokan, kalau sampai terjadi radang bisa mempersulit masuknya makanan karena untuk menelan sakit rasanya.

·         Sesak Nafas

Merasa sesak nafas juga menjadi gejala Histoplasmosis tetapi itu juga harus melalui pemeriksaan dulu sebab sesak nafas juga bisa jadi gejala penyakit jenis lainnya. Jadi jangan terburu-buru mengkonsumsi obat Histoplasmosis tetapi lebih baik bertanya saja dulu pada dokter dan melakukan beberapa tes agar tahu benar atau tidak terkena Histoplasmosis.

Cara Pengobatan Yang Benar Untuk Penyakit Histoplasmosis

Jenis penyakit ini sebenarnya tidak terlalu membutuhkan pengobatan khusus, sebab kebanyakannya penderitanya itu akan langsung sembuh dalam kurun waktu beberapa minggu saja. Tetapi kalau sampai sudah berat atau parah maka perlu sekali pengobatan agar infeksinya tidak bertambah parah. Untuk pengobatannya adalah harus mengonsumsi obat Histoplasma Capsulatum yang diberikan dokter kalau sudah memeriksakan diri, kalau rutin minum obatnya pasti cepat sembuh.

Beli obat yang mudah dan tidak harus antri di apotek maka manfaatkan saja aplikasi Lifepack. Unduh saja aplikasi Lifepack di Google Play Store juga App Store sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *