Categories
Tips Sehat

Mengenal Beberapa Penyebab Haid Tidak Lancar

Ada cukup beragam tips melancarkan haid. Cara untuk melancarkan datang bulan atau haid ini sendiri kerap dicari wanita yang memang sedang bermasalah pada siklus menstruasinya. Untuk wanita yang saat ini memiliki masalah datang bulan tidak lancar, maka perlu tahu tentu solusinya apa. Cara mengatasi kendala telat datang bulan bisa mulai dari konsumsi obat-obatan untuk sebagai pelancar haid.

Bisa juga dengan mengubah gaya hidup lebih sehat. Tapi ada juga cara untuk melancarkan haid yang lebih aman. Sebelum anda mencari tahu berbagai cara melancarkan datang bulan, penting untuk kamu mengetahui apa saja penyebab utama dari masalah haid yang tidak lancar ini. Berikut ini terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab haid kita tidak lancar:

Berat Badan Menurun Drastis

Salah satu penyebab haid menjadi tidak lancar salah satunya adalah berat yang menurun dengan sangat drastis. Sementara kondisi ini terjadi biasanya pada mereka wanita yang sedang dalam menurunkan berat mereka sendiri. Kondisi ini tidak langsung bisa memberi dampak pada haid kamu. Sehingga perhatikan kembali apakah anda sedang diet atau tidak karena bisa menjadi penyebab datang bulan yang bermasalah. Masih ada banyak lagi tips melancarkan haid lainnya yang perlu dipahami.

Sering Stres

Ada lagi penyebab datang bulan telat lain yaitu stres. Otak terdiri atas beberapa macam bagian, salah satu bagiannya adalah bagian hypothalamus. Bagian otak ini bisa sangat terpengaruh karena stres. Hypothalamus ialah hormon yang bisa mengatur periode datang bulan atau haid. Maka karena itu, pada saat kamu sedang mengalami stres akan memberikan dampak juga pada aspek kelancaran datang bulan. Jadi perhatikan apakah ada banyak pikiran sekarang ini yang membuat anda merasa sering stres.

Masalah Datang Bulan Karena Penyakit

Ada lagi penyebab haid yang tidak lancar yaitu adalah terdapat penyakit tertentu. Misal salah satu jenis penyakit yang bisa menjadikan haid kita tidak lancar ialah jamur. Perhatikan kondisi kesehatan tubuh anda, apakah anda sedang terkena penyakit atau tidak. Lebih baik anda juga konsultasi seputar gejala tertentu yang anda rasakan ke dokter dan tanyakan tips melancarkan haid yang tepat.

Tiroid

Bisa juga penyebab haid datang bulan tidak lancar disebabkan adanya gangguan kelenjar tiroid. Jadi kelenjar tiroid ini yang terdapat di bagian leher, dengan fungsi untuk mengatur metabolisme. Kelenjar ini sangat penting karena berinteraksi dengan beragam macam sistem tubuh lain agar bisa berjalan semestinya. Tapi, ketika terjadi masalah ketidakseimbangan di dalam kelenjar tiroid, maka akan bisa berpengaruh terhadap jadwal datang bulan anda.

Hormon Cenderung Tidak Seimbang

Selain karena tiroid yang bermasalah, bisa juga hormon tidak stabil yang dapat menjadi faktor penyebab datang bulan menjadi tidak lancar. Karena haid ialah hasil kerja antara otak, kelenjar otak, kandung telur, dan juga kelenjar tiroid. Jika salah satu dari komponen tersebut mengalami masalah, maka haid bisa terganggu. Itulah beberapa penyebab haid para wanita menjadi tidak teratur. Anda tentu perlu tahu kebutuhan seputar informasi tentang kesehatan tertentu yang paling tepat bagi anda sendiri seperti apa seperti tips melancarkan haid.

Ngovee dapat membantu anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan suplemen mu. Unduh saja aplikasi Ngovee dengan melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan produk vitamin yang berkualitas terbaik hanya dari Ngovee. Demikian dan semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *