Categories
Obat

Mengenal Fungsi Obat Amlodipine Berno

Mungkin masih sedikit yang tahu obat Amlodipine Berno, obat Amlodipine Berno adalah obat yang dapat membantu penderita Hipertensi agar tekanan darahnya turun. Obat ini juga dapat menjadi obat pencegah penyakit stroke. Untuk dapat memperoleh obat ini harus periksakan diri ke dokter dulu sebab membeli obat ini harus dengan resep dokter.

Manfaat Mengonsumsi Obat Amlodipine Berno

Amlodipine Berno adalah salah satu obat golongan Dihdorpydrine yang disediakan oleh Lifepack. Obat ini seringnya dipakai untuk penderita tekanan darah tinggi atau Hipertensi dan dapat mencegah rasa nyeri dada timbul pada penderita Angina Pectoris. Cara kerja obat Amlodipine ini adalah menghalangi kalsium masuk ke sel-sel otot di dinding pembuluh darah jantung.

Kalsium memiliki peran dalam kontraksi otot, jadi kalau kalsium bisa dihambat maka pembuluh darah bisa menjadi lebih rileks dan juga melebar. Dengan melebarnya pembuluh darah maka pasokan darah dan juga oksigen ke jantung akan meningkat. Kalau sudah seperti itu tekanan darah bisa normal kembali dan itulah manfaat Amlodipine Berno.

Aturan Pemakaian Amlodipine Berno

Untuk yang memiliki penyakit Hipertensi memang harus beli Amlodipine Berno, pembelian obat ini tidak bisa sembarangan sebab harus ada resep dari dokter. Kalau tidak pasti pihak apoteker tidak akan memberikan obat ini kepada pembeli. Kalau akan mengonsumsi obat ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jika sedang mengalami kondisi seperti di bawah ini harus berhati-hati kalau akan mengonsumsi.

  • Gagal ginjal
  • Wanita hamil atau menyusui
  • Gangguan fungsi hati
  • Anak-anak

Kalau kondisi penderita seperti tadi maka bandingkan dulu besar manfaat atau lebih besar efek sampingnya. Jika ternyata efek sampingnya yang lebih terasa maka sebaiknya jangan memakai obat ini meskipun harga Amlodipine Berno terbilang murah.

Dosis Pemakaian Amlodipine Berno

Amlodipine Berno merupakan obat keras jadi harus benar-benar memperhatikan dosis dan pemakaiannya, kalau dosis sampai salah maka jangan harap bisa merasakan manfaat obat ini. Sebab yang akan dirasakan setelah minum Amlodipine Berno adalah efek sampingnya saja. Agar hal tersebut tidak terjadi maka dosisnya harus seperti berikut ini.

  • Hipertensi

Penderita Hipertensi yang usianya antara 6 sampai 17 tahun, dosis Amlodipine Berno yaitu 2,5 mg kemudian bisa dinaikkan jadi 5 mg jika memang diperlukan. Untuk dewasa dosisnya 5 mg dan kalau belum ada perubahan bisa naik jadi 10 mg. Untuk lansia dosisnya sama seperti anak-anak dan diminum sekali saja dalam sehari.

  • Angina Pektoris

Kalau obat Amlodipine dijadikan obat penghilang nyeri dada maka dosisnya adalah 5 mg-10 mg untuk dewasa, kalau sudah lanjut usia dosisnya 2,5 mg satu kali per harinya.

Efek Samping Mengonsumsi Amlodipine Berno

Meskipun obat Amlodipine itu manfaatnya cukup banyak tetapi masih tetap ada efek sampingnya dan yang merasakan efek tersebut juga cukup banyak. Kalau mau tahu lebih jelas efek samping Amlodipine Berno  bacalah penjelasan singkat berikut ini.

  • Pusing
  • Mengantuk
  • Sakit kepala
  • Pergelangan kaki bengkak
  • Pembengkakan bagian tubuh karena penumpukan cairan tubuh
  • Mudah lelah
  • Jantung berdebar
  • Mual

Efek samping tersebut bisa saja hilang sendiri tetapi kalau tidak hilang dan bertambah parah, maka penanganan karena efek samping dari obat Amlodipine Berno adalah memeriksakan kondisi tubuh ke dokter. Dengan mendapatkan penanganan dari tenaga medis pasti efek sampingnya cepat hilang.

Ingin berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatan? Unduh saja aplikasi Lifepack. Tebus obat cepat dan bebas antri. Tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *