Categories
Dunia Kesehatan

Mengenal Gejala Sakit Gigi Dan Pengobatan Secara Alami

Sakit gigi tentu merupakan kondisi yang menyiksa sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Rasa nyeri sakit gigi yang muncul bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman menyelesaikan berbagai aktivitas. Kalau penyebab gigi sakit tak segera diatasi, sakit gigi bisa semakin memberat lalu membuat seseorang bisa saja tidak bisa mengonsumsi makanan seperti biasanya. Maka dari itu, harus tahu kita semua gejala dan pengobatan sakit gigi.

Mengenal Gejala Sakit Gigi

Sakit gigi bisa terjadi karena iritasi gusi atau saraf di sekitar gigi. Gejala yang umum akan dirasakan yaitu nyeri di area rahang dan gigi itu sendiri. Nyeri biasanya muncul saat gigi diberikan rangsangan atau tekanan. Misalnya saja konsumsi minuman atau makanan panas atau pun dingin.

Rasa sakit gigi bisa bertahan beberapa detik, meski rangsangan dihilangkan. Pada saat reaksi peradangan makin meningkat, maka rasa sakit otomatis juga semakin parah. Gejala lain ada juga yang harus Anda waspadai, misal nyeri saat sedang mengunyah dan lebih sensitif terhadap dingin atau panas.

Gejala lainnya keluar cairan atau pendarahan pada area gigi atau gusi, bengkak merah pada area gusi dan rahang yang semakin membengkak. Beberapa gejala tersebut harus diberi tindakan agar keadaan tidak tambah parah. Gejala dari penyebab gigi sakit tersebut terkait dengan rusaknya area gigi, penyakit gigi, atau patah gigi.

Kemerahan atau kerusakan sekitar gigi bisa menjadi petunjuk akan sumber nyeri. Kalau Anda coba mengetuk bagian gigi yang sakit, maka sakit gigi mungkin bisa bertambah. Maka tanda sakit ini bisa menunjukkan gigi sedang bermasalah, walau gigi tampak biasa-biasa saja.

Beberapa Metode Alami Untuk Langkah Antisipasi Mengobati Gejala Sakit Gigi

Anda bisa mencoba mengobati gigi secara alami dan bisa dilakukan dari rumah dengan pengobatan alami berikut ini.

· Kompres dengan air es

Cara ini bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit, termasuk juga peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada area gigi. Prosesnya yaitu kompres air es menghambat hantaran nyeri pada saraf. Untuk menerapkan cara mengobati gigi berlubang, Anda bisa mengompres air es, lalu letakkan di pipi yang menjadi area gigi yang sakit selama kurang lebih 15 menit. Selain itu, Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali sampai rasa sakitnya menurun.

· Memakai minyak cengkih

Cengkih dari dulu telah dipakai untuk keperluan mengobati gejala sakit gigi. Minyaknya bisa secara efektif berfungsi untuk mematikan rasa nyeri atau sakit serta mengurangi peradangan penyebab gigi sakit.

Cengkih memiliki senyawa eugenol yang menjadi antiseptik alami. Sementara cara penggunaannya yaitu dengan gigit kapas yang sudah dibasahi dengan minyak cengkih. Anda bisa mendapatkan minyak cengkih itu sendiri toko swalayan atau di pasar.

· Berkumur dengan air garam

Selain minyak cengkeh, air garam juga biasa digunakan untuk membantu mengurangi sakit gigi. Prosesnya yaitu kumur air garam bisa mengurangi pembengkakan pada gusi. Caranya dengan memasukkan garam setengah sdt ke segelas air, gunakan air garam tersebut untuk kumur. Nantinya rasa nyeri gigi bisa lebih berkurang.

· Memakai bawang putih

Nyeri gigi bisa diredakan juga dengan memakai bawang putih. Anda bisa menghancurkan bawang putih satu siung hingga halus. Oleskan pada gigi yang sakit. Itulah beberapa cara untuk mengobati gigi yang sakit dengan metode alami. Tetapi cara di atas merupakan pengobatan penyebab gigi sakit sementara saja.

Kami bisa membantu Anda memenuhi tiap kebutuhan kesehatan dan tebus obat untuk penyakit. Unduh Lifepack lewat Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *