Categories
Penyakit

Mengenal Kanker Pada Ujung Pencernaan

Pada tubuh manusia ada penghubung antara usus besar dan anus, penghubung ini disebut sebagai rektum. Dan rektum adalah tempat tumbuhnya kanker rektal. Kanker rektal adalah penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel abnormal di daerah rektum. Kanker rektal lebih dikenal sebagai kanker rektum. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini pasti akan menyebabkan seseorang mengalami beberapa gejala.

Gejala yang biasa dirasakan oleh orang yang menderita kanker rektum adalah pencernaan terganggu sehingga orang tersebut akan merasakan diare dan sembelit pada waktu yang berdekatan. Jika pencernaan terganggu maka proses penyerapan nutrisi tidak akan berjalan dengan maksimal sehingga berat badan penderita kanker rektal atau rektum ini akan mengalami penurunan berat badan yang terjadi secara signifikan.

Pembagian Level Kanker Rektal

Kanker yang terjadi pada area rektum akan dibagi menjadi beberapa level atau biasa dikenal sebagai stadium setelah dilakukan pemeriksaan. Dengan pengkategorian ini membuat penanganan kanker bisa dilakukan sesuai dengan tingkat parahnya keadaan kanker. Berikut pembagian level atau stadium pada kanker rektal atau rektum ;

●  Kanker Rektal Stadium 0

Pada kondisi ini sel kanker hanya baru menjangkiti mukosa dalam rektum. Mukosa sendiri adalah sebuah cairan yang membentuk jaringan pelindung area rektum. Jika kanker baru sebatas menjangkiti area ini maka penanganan masih cukup mudah untuk dilakukan. Biasanya dokter akan melakukan pengangkatan jaringan kanker yang ada pada mukosa rektum ini. Kanker rektal stadium 0 adalah kanker yang terbilang cukup ringan dan penanganan masih bisa dilakukan dengan mudah.

●  Kanker Rektal Stadium 1

Kondisi sel kanker rektal adalah baru menjangkiti bagian dinding rektum tetapi belum sampai keluar lapisan rektum. Sel kanker rektal sudah berhasil menembus jaringan mukosa dan sudah menempel pada dinding rektum. Penanganan untuk kanker rektal stadium 1 sudah pasti lebih rumit dibandingkan dengan stadium 0. Dokter biasanya akan mengambil keputusan untuk melakukan pembedahan untuk mengangkat semua sel kanker yang ada. Jika pembedahan berjalan dengan baik biasanya pasien tidak membutuhkan perawatan lain. Perawatan lanjutan harus dilakukan ketika sel kanker terlihat muncul pada jaringan rektum yang masih sehat pada saat melakukan pemeriksaan biopsi.

●  Kanker Rektal Stadium 2

Pada kondisi ini, sel kanker sudah menjangkiti semua dinding rektum dan seluruh bagian jaringan yang ada di sekitarnya. Tetapi sel kanker ini belum berhasil untuk menginvasi kelenjar getah bening. Kombinasi pengobatan diperlukan untuk mengobati kanker rektal stadium 2. Kombinasi pengobatan kanker rektal adalah antara kemoterapi, terapi radiasi dan juga pembedahan perlu untuk dilakukan. Kemoterapi dan terapi radiasi bisa dilakukan sebelum atau sesudah tindakan pembedahan yang dilakukan.

●  Kanker Rektal Stadium 3

Jika kanker sudah memasuki stadium 3 maka artinya sel kanker sudah menjalar dari dinding rektum ke jaringan sehat sekitarnya sampai dengan kelenjar getah bening. Tetapi sel kanker ini belum menjalar ke organ lain dalam tubuh. Biasanya pengobatan yang dilakukan adalah dengan pembedahan skala besar. Karena luasnya area yang dijangkiti sel kanker maka perlu banyak pengobatan yang dilakukan.

Kanker Rektal Paling Fatal

Stadium paling fatal penderita kanker rektal adalah stadium 4. Artinya jaringan kanker yang berasal dari rektum sudah menjalar ke organ tubuh lain yang jaraknya cukup jauh. Jika seperti ini maka banyak pengobatan yang harus dilakukan dan pastinya memerlukan banyak waktu sampai benar-benar pulih.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kanker rektal? Unduh aplikasi Lifepack. Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *