Categories
Uncategorized

Mengenal Lebih Lanjut Mengenai Aktivitas Vaping

Vaping adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh kebanyakan anak muda yaitu merokok dengan menggunakan alat rokok elektronik. Pada awalnya rokok elektronik dibuat untuk menjadi sarana bagi para perokok yang ingin berhenti merokok secara efektif. Namun lambat laun penggunaan Vape ternyata semakin mengkhawatirkan. Apa saja yang harus diketahui dari aktivitas vaping?

Membandingkan Antara Vaping dan Rokok Tembakau

Merokok dengan menggunakan rokok elektronik memang diklaim jauh lebih aman ketimbang merokok dengan menggunakan rokok tembakau. Digadang-gadang bisa membantu agar tak terjadi ketergantungan nikotin tapi ternyata saat ini justru membuat kekhawatiran baru. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui dari aktivitas vaping.

 1.  Kandungan rokok elektronik

Kandungan yang bisa Anda hirup saat Anda melakukan vaping adalah beberapa senyawa yang terkandung di dalam cairan Vape yang Anda hisap. Rokok elektronik memang mengandung lebih sedikit bahan kimia ketimbang rokok biasa. Namun ada ancaman lainnya yaitu logam berat seperti senyawa organik yang mudah menguap, timbal serta agen yang bisa menyebabkan kanker.

2. Target sasaran anak dan remaja

Memang betul bahwa inisiasi yang dilakukan dalam sosialisasi Vape adalah kalangan anak-anak dan remaja. Hal itu dilakukan untuk mencegah mereka kecanduan rokok tembakau sehingga berakibat pada ketergantungan pada bahan nikotin yang membahayakan kesehatan tubuh.

3. Meminimalkan resiko

Bisa mencegah kerusakan paru-paru serta melindungi anak serta remaja dari ketergantungan nikotin. Karena banyak ditemukan kasus dimana anak-anak dan remaja yang alami ketergantungan nikotin hanya karena sering melihat orang tua mereka merokok sehingga meniru hal tersebut tanpa berpikir dahulu. Untuk alasan itu, maka Vape digunakan juga agar supaya kesehatan paru-paru generasi muda Indonesia bisa terjaga dengan baik.

Bahaya Mengintai Dibalik Penggunaan Vape pada Anak dan Remaja

Namun sayangnya justru rokok elektronik banyak dipakai oleh kalangan anak-anak dan remaja belajar merokok dengan alasan menggunakan bahan yang lebih aman. Banyak orang tua yang juga menganggap aktivitas vaping adalah lebih aman dilakukan ketimbang merokok tembakau biasa. Padahal sudah banyak ditemukan kasus dimana terjadi kerusakan paru-paru akibat terlalu banyaknya cairan Vape yang masuk ke dalam organ pernafasan sehingga membuatnya harus alami gangguan kesehatan. Melihat fenomena ini maka perlu adanya pencegahan agar supaya tak menjadi hal yang berakibat lebih fatal.

Dalam hal ini media sosial turut membuat penggunaan dan penyebar luasan Vape lebih mudah di kalangan remaja. Untuk itu solusi dari permasalahan ini adalah yang pertama dengan memberikan edukasi pada anak dan remaja terkait dengan penggunaan rokok elektronik yang aman dan tanpa efek samping.

Selanjutnya adalah harus ada regulasi yang jelas mengenai penggunaan dan aktivitas jual beli Vape atau rokok elektronik agar supaya tak disalahgunakan. Beberapa negara sudah mengajukan peraturan pelarangan iklan Vape yang mana selaras dengan aturan penjualan dan penggunaan rokok biasa pada anak di bawah umur.

Solusi yang terakhir adalah harus adanya pengawasan ketat dari orang tua untuk penggunaan Vape oleh anak mereka di rumah. Meski mungkin terlihat sulit namun dengan niat dan tekad yang kuat dari orang tua serta anak remaja maka dampak buruk penggunaan Vape bisa lebih diminimalisir lagi.   Sekian ulasan tentang informasi tentang vaping adalah aktivitas merokok dengan menggunakan rokok elektronik dan dampaknya.

Update terus tips dan trik seputar kesehatan lainnya. Simak informasi lengkapnya hanya di Ngovee. Download layanan aplikasi Ngovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan informasi tentang referensi suplemen. Dapatkan rekomendasi vitamin terbaik hanya dari Ngovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *