Categories
Obat

Mengenal Penggunaan Dan Efek Samping Dextran

Obat dextran adalah obat yang merupakan salah satu bentuk zat besi dengan bentuk cairan obat. Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh yang memiliki fungsi membantu memindahkan oksigen dalam darah. Obat ini merupakan obat resep dan tidak bisa dibeli di apotek tanpa adanya resep dari dokter. Bahkan obat ini tidak dapat digunakan secara mandiri, namun harus diberikan oleh dokter saat di rumah sakit atau klinik.

Obat dextran merupakan obat yang dapat mengatasi penyakit seperti anemia defisiensi besi atau kondisi di mana darah merah kekurangan zat besi. Obat ini bekerja dengan memenuhi kebutuhan zat besi yang digunakan dengan cara disuntik yang pada akhirnya sel darah merah diproduksi lebih banyak.

Cara Penggunaan Dextran

Dextran tidak bisa digunakan secara mendiri dan harus melalui dokter. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dilakukan saat menggunakan obat ini, yaitu:

·         Obat disuntikkan ke otot pantat atau secara perlahan ke pembuluh darah sesuai arahan dokter. Saat disuntikkan ke pantat, suntikan selanjutnya diberikan pada sisi berlawanan dengan suntikan terakhir.

·         Bisa saja dokter menunjukkan cara menggunakan suntikan IV di rumah. Namun, jangan asal menyuntikkan obat jika tidak memahami dengan benar prosedur penggunaan obat dextran dan ke mana pembuangan sampah obat setelah digunakan.

·         Suntikkan secara perlahan. Jika terburu-buru bisa menyebabkan efek samping serius.

·         Sebelum diberi dosis penuh, lakukan pengujian dengan dosis rendah, lalu tingkatkan secara perlahan agar tahu apakah terdapat alergi obat atau tidak. Jika dalam satu jam tidak terjadi alergi maka berikan dosis penuh.

·         Jika terpaksa menggunakan di rumah sendiri, siapkan dosis yang memang digunakan pada saat itu saja.

·         Jangan menggunakan jarum suntik atau wadah dextran untuk obat lain.

·         Jangan digunakan jika terdapat perubahan warna atau ada partikel kecil di dalamnya.

·         Konsultasikan dengan dokter mengenai berat dan tinggi badan karena dosis juga dipengaruhi oleh hal tersebut.

·         Lakukan tes darah rutin agar tahu apakah obat efektif atau tidak, dengan begitu dokter bisa tahu dan menentukan sampai kapan penggunaan obat tersebut.

·         Beri tahu dokter saat melakukan pemeriksaan di tengah penggunaan obat karena bisa membuat hasil pemeriksaan jadi tidak wajar.

·         Botol obat hanya bisa digunakan sekali dan harus segera dibuang.

Efek Samping

Penggunaan obat dextran juga tidak terlepas dari efek samping. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan:

·         Mual atau muntah

·         Pusing

·         Diare

·         Berkeringat, demam atau kedinginan

·         Nyeri atau reaksi lain pada bekas suntikan

·         Nyeri sendi

·         Sakit kepala

·         Perubahan warna kulit

·         Mati rasa

·         Perubahan indera perasa

Ada juga efek samping lain yang tergolong serius setelah penggunaan obat. Berikut ini efek samping yang harus segera diperiksakan ke dokter setelah penggunaan obat, yaitu:

·         Dada sakit atau terasa sesak

·         Urine keluar bercampur darah

Tidak semua efek samping disebutkan di atas. Namun jika terdapat efek samping yang mengkhawatirkan, segera periksa ke dokter dan hentikan penggunaan obat segera mungkin sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah mengenai obat dextran yang merupakan obat resep dokter. Penggunaannya harus sesuai dengan arahan dokter atau bila perlu biarkan dokter yang memberikan obat tersebut.

Bagi yang membutuhkan resep obat terbaik dan mudah didapatkan, kunjungi Lifepack sekarang juga. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasinya lewat Google Play dan App Store sehingga lebih mudah mendapatkan resep obat yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *