Categories
Penyakit

Mengenal Penyakit Degenerasi Makula

Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi suplemen yang tepat adalah degenerasi makula. Penyakit ini adalah penyakit yang menyebabkan gangguan penglihatan pada orang tua. Pigmen warna adalah bagian yang bermasalah ketika terjadi degenerasi makula. Vitamin yang diperlukan untuk pigmen mata adalah vitamin A. Orang yang menderita degenerasi makula akan mengalami gejala pandangan buram karena buruknya penerimaan cahaya pada mata.

Pigmen melanin yang melindungi mata juga biasanya bermasalah ketika seseorang menderita degenerasi makula. Karena degenerasi makula ini maka kemampuan untuk membaca, menyetir dan kemampuan apa pun yang sangat mengandalkan mata akan berkurang. Anda akan kesulitan melakukan beberapa aktivitas yang membutuhkan mata yang sehat. Jadi anda sudah mengetahui betapa pentingnya menghindari degenerasi makula.

Penyebab Degenerasi Makula

Saat ini belum ada ahli yang mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab utama orang terkena degenerasi makula. Tapi prediksi yang menjadi penyebab penyakit ini adalah faktor genetik serta lingkungan. Berikut adalah beberapa faktor yang memperbesar seseorang terkena degenerasi makula ;

●  Usia

Faktor yang bisa memperbesar peluang terkena degenerasi makula adalah faktor umur. Selama ini penderita degenerasi makula adalah para orang tua yang berumur 60 tahun ke atas. Penyakit ini juga lebih banyak diidap oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Jadi jika ada seorang perempuan dengan umur lebih dari 60 tahun maka harus lebih waspada terhadap degenerasi makula.

●  Merokok

Seorang perokok lebih memiliki resiko besar terhadap penyakit degenerasi makula. Hal ini disebabkan beberapa racun yang terdapat pada rokok.

●  Paparan Sinar Matahari

Terus menerus menerima paparan sinar matahari pada mata membuat pigmen mata yang berfungsi melindungi mata rusak. Vitamin yang diperlukan untuk pigmen mata adalah vitamin A. Vitamin ini bisa membuat keadaan pigmen mata anda membaik setelah terkena paparan matahari secara langsung.

●  Ada Riwayat

Seseorang yang memiliki keluarga dengan penderita degenerasi makula memiliki peluang lebih besar mendapatkan penyakit yang sama. Gaya hidup sehat bisa membantu anda mencegah untuk mengidap penyakit yang sama dengan garis keturunan anda.

Gejala Degenerasi Makula

Seseorang yang mengalami degenerasi makula akan memiliki gejala yang hampir sama setiap orang. Gejala ini akan semakin memburuk karena penyakit ini merupakan penyakit yang progresif dan akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Pengobatan yang tepat bisa membuat gejala ini mereda dan tidak memburuk. Gejala utama yang dirasakan penderita degenerasi makula adalah pandangan yang buram.

Sering kali terdapat garis pada pandangan sehingga penderita sulit untuk mengenali wajah seseorang. Penderita degenerasi makula juga akan kesulitan membaca di tempat redup karena pigmen mata mereka rusak. Vitamin yang diperlukan untuk pigmen mata adalah vitamin A. Vitamin ini bisa meregenerasi pigmen mata yang rusak akibat seringnya terpapar sinar matahari secara langsung. Gejala awal penderita degenerasi makula akan berjalan sangat lambat sehingga orang tidak menyadari hal tersebut.

Pencegahan Degenerasi Makula

Jika anda tidak ingin mengalami degenerasi makula pada saat usia lanjut maka anda harus memperhatikan pola hidup anda. Anda harus mulai mengkonsumsi makanan tinggi vitamin A karena vitamin yang diperlukan untuk pigmen mata adalah vitamin A. Jika memang dibutuhkan konsumsi suplemen yang bisa membantu anda mencukupi kebutuhan vitamin A.

Dapatkan vitamin terbaik untuk mata anda di Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda bisa juga mendownload aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *