Categories
Dunia Kesehatan Penyakit

Mengi adalah Gejala Gangguan Pernapasan yang Serius, Simak Penjelasan ini

Mengi adalah

Mengi adalah kondisi dimana napas Anda terdengar seperti peluit yang bernada tinggi. Umumnya mengi terjadi pada orang yang mempunyai alergi pada pernapasan dan juga biasanya disertai gejala lainnya. Dalam kasus yang cukup parah, mengi dapat menyebabkan sesak napas dan menyebabkan kematian. Beikut ini penyebab dan cara mengatasi mengi.

Penyebab Mengi

Suara seperti peluit yang melengking saat Anda bernapas, hal ini terjadi karena saluran pernapasan yang menyempit, bisa disebabkan oleh peradangan atau lendir yang sudah menumpuk. Lebih jelasnya berikut ini beberapa penyebab mengi:

1. Asma

Asma adalah penyebab paling umum dari gejala mengi. Ini karena asma dapat menyempitkan saluran pernapasan dan mengeluarkan lendir berlebih dari dinding saluran napas. Kondisi ini menyebabkan sesak di dada dan radang tenggorokan. Akibatnya, Anda akan kesulitan bernapas dan menghasilkan suara yang sangat keras saat bernapas.

2. Bronkitis

Bronkitis terjadi karena infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Gejala berupa batuk berdahak, demam rendah, sesak napas, dan mengi. Biasanya mengi hilang setelah perawatan selama minggu pertama. Inhaler biasanya diresepkan untuk membantu menekan gejala mengi.

3. Penyakit Asam Lambung

Asam lambung yang mengalir ke esofagus bisa masuk ke paru-paru Anda, terutama saat Anda tidur. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasan, dan memicu reaksi asma, atau menyebabkan pneumonia aspirasi. Kerusakan saluran pernapasan yang disebabkan oleh asam lambung dapat memengaruhi saluran pernapasan, menyebabkan mengi.

4. Kanker Paru-Paru

Terdapat 40 hingga 85% penderita kanker paru-paru sering mengalami gejala mengi, batuk darah dan sesak napas. Meski gejalanya bisa dikenali, tes fungsi paru (spirometri) diperlukan untuk membuat diagnosis. Oleh karena itu, jika gejala seperti itu muncul, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyakit Anda.

Cara Mengatasi Mengi Secara Medis

Bagi penderita asma kronis, mengi adalah hal yang biasa terjadi. Namun, akan berbeda jika Anda merasakan mengi untuk pertama kali. Hubungi dokter dengan segera jika Anda melihat perubahan mental dan kulit Anda menjadi kebiruan.

Pengobatan mengi bertujuan untuk mengontrol peradangan pada saluran pernapasan dan memberi Anda obat-obatan untuk membantu Anda bernapas kembali secara normal. Dokter biasanya akan memberikan obat anti-inflamasi yang dapat membersihkan lendir berlebih dari saluran pernapasan.

Bronkodilator adalah salah satu obat yang sering diberikan. Obat ini dapat merespon dengan cepat untuk mengatasi mengi. Cara kerjanya dengan mengendurkan otot-otot di saluran pernapasan.

Apalagi pada penderita asma, gejala mengi bisa dicegah dengan minum obat secara teratur. Bahkan jika gejala asma Anda membaik, sebaiknya jangan tiba-tiba berhenti minum obat ini tanpa pengawasan dokter Anda. Faktanya, hal itu dapat menyebabkan gejala yang lebih serius datang kembali.

Cara Meredakan Mengi di Rumah

Selain mengobati mengi secara medis, beberapa pengobatan rumahan juga dapat membantu meredakan mengi. Misalnya, menjaga ruangan tetap hangat agar Anda mudah bernapas. Jika Anda mengi saat beraktivitas di luar ruangan dalam suhu ekstrim atau kering, segera cari tempat untuk menghangatkan tubuh. Ini dapat membantu meringankan pernapasan Anda.

Selain itu Anda bisa melakukan yoga, meditasi dan beberapa jenis yoga juga bisa menjadi teknik pernapasan untuk mengurangi gejala mengi. Jika peradangan saluran napas tidak terlalu parah, pengobatan rumahan ini bisa efektif untuk meredakan gejala mengi.

Mengi adalah kondisi yang sering dialami oleh semua orang. Baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Walaupun bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit kronis, namun dengan cara meredakan gejala mengi di atas, bisa meredakan mengi dengan cepat. Segera periksakan diri ke dokter apabila mengi tidak mereda atau semakin parah.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *