Categories
Penyakit

Pengertian HIV adalah, dan Gejala yang Harus Diwaspadai

HIV adalah

HIV adalah penyakit yang menular dan bisa mematikan. Namun, pengidap HIV tidak perlu dijauhi justru harus diberikan dukungan. Hal ini karena dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat sangat dibutuhkan oleh penderita HIV. Nah, penyakit seperti apakah HIV itu dan apa saja gejala yang perlu diwaspadai?

Pengertian HIV

HIV merupakan sebuah virus yang menyebabkan penyakit AIDS. Penyakit ini biasanya menular melalui hubungan seksual tanpa pengaman dengan mereka yang sudah mengidap penyakit ini atau berbagi jarum suntik dengan penderita HIV.

HIV menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga penderita HIV biasanya lebih mudah terserang penyakit, bakteri maupun virus lainnya. Jika Anda sudah terserang HIV, maka virus ini akan menginfeksi seumur hidup.

Gejala-Gejala HIV

Ada beberapa gejala HIV yang perlu Anda ketahui. Berikut ini informasi gejala HIV secara lengkap.

1. Tahap Pertama (Gejala Infeksi HIV Akut)

Beberapa orang tidak mengetahui secara langsung jika terinfeksi virus ini. Biasanya gejala akan muncul dalam waktu 2 hingga 6 minggu setelah virus mulai menyerang tubuh. Gejala-gejala yang timbul hampir sama dengan gejala flu, seperti :

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit perut
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening
  • Ruam merah
  • Nyeri dan sakit otot persendian

Jika Anda memiliki beberapa gejala di atas, apalagi jika Anda sering berhubungan seksual dengan seseorang penderita penyakit ini dalam 2 hingga 6  minggu terakhir, segeralah pergi ke dokter dan lakukan tes HIV agar lebih pasti.

2. Tahap Kedua (Gejala Litensi Klinis)

Apabila Anda terinfeksi HIV dan pada tahap ini tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, maka virus HIV akan membunuh sel CD4 dan membuat sistem kekebalan tubuh Anda hancur. Hal inilah yang membuat HIV adalah penyakit yang mematikan. Tanda-tanda HIV sudah menginfeksi pada tahap ini adalah.

  • Biasanya pada tahap ini, penderita HIV tidak muncul gejala lebih lanjut secara bertahun-tahun
  • Virus sudah menyebar dan merusak sistem kekebalan tubuh Anda, dan Anda mudah terserang penyakit
  • Dapat menularkan ke orang lain
  • Mengalami penurunan berat badan

3. Tahap Ketiga (Gejala Aids)

Pada tahap ini, biasanya seseorang yang terinfeksi HIV sudah mengalami kerusakan sistem kekebalan tubuh yang parah. Maka dari itu, pada tahap ini biasanya penderita HIV mudah terserang penyakit lain seperti kanker kulit dan pneumonia. Berikut tanda-tanda yang biasanya muncul pada tahap ini.

  • Sistem kekebalan tubuh semakin lemah
  • Demam lebih dari 10 hari
  • Cepat lelah dan kesulitan bernafas
  • Diare jangka panjang
  • Adanya infeksi jamur pada tenggorokan, mulut dan vagina
  • Penurunan berat badan

Cara Pengobatan HIV

Hingga saat ini memang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit mematikan satu ini. Namun, gejala-gejala yang muncul bisa dikendalikan dan sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan melalui berbagai cara seperti terapi antiretroviral (ARV). Obat ini memang tidak dapat menyembuhkan penyakit ini namun dapat digunakan untuk membantu penderita hidup lebih lama dan sehat.

Obat ini digunakan untuk mencegah dan mengurangi jumlah virus HIV dalam tubuh serta menghambat virus ini bereplika. Hal inilah yang nantinya membuat penderita HIV memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk melawan infeksi dan juga kanker. Namun, biasanya penggunaan ARV ini akan berbeda-beda setiap orang dan akan menimbulkan efek samping.

Tak hanya mengonsumsi ARV, penderita HIV juga harus melakukan gaya hidup yang sehat seperti mengonumsi makanan yang bergizi dan seimbang, rajin berolahraga, memperbanyak istirahat, hindari mengonsumsi obat-obatan terlarang, hindari rokok, dan rajin mencuci tangan.

HIV adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Maka dari itu, lindungi diri Anda dari virus ini dengan tidak berhubungan seksual secara bebas dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Jika Anda memiliki gejala-gejala di atas, segera konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan HIV.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *