Categories
Penyakit

Penjelasan Lengkap Tentang Gejala Diabetes Tipe 1 dan 2

Gejala Diabetes

Saat ini, manusia seringkali mengalami penyakit karena pola hidup yang sehat dan aktivitas fisik yang semakin berkurang. Salah satu penyakit yang paling sering ditemui adalah diabetes atau di Indonesia sendiri sering disebut sebagai penyakit gula. Ada banyak sekali gejala diabetes yang tidak banyak orang sadari hingga sering mengalami keterlambatan perawatan.

Dua Tipe Diabetes

Secara istilah kesehatan, ada dua tipe diabetes yakni diabetes tipe satu dan juga tipe dua. Nama tersebut muncul berdasarkan kondisi dari penderita diabetes sendiri apakah mengalami masalah di hormon insulin atau tidak. Hal ini juga biasa disebut dengan diabetes yang menyerang remaja ataupun diabetes yang menyerang orang dewasa.

1. Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes yang satu ini biasanya menjadi penyakit turunan dari orang tua dan bisa menyerang manusia di bawah umur 30. Diabetes tipe satu bisa terjadi karena beta sel yang ada dalam pranceas mengalami kerusakan. Beta sel sendiri memiliki fungsi vital yakni memproduksi hormon insulin yang bisa mengatur kadar gula darah.

2. Diabetes Tipe 2

Berbeda dengan tipe 1 yang disebabkan oleh kerusakan sel, diabetes tipe 2 ini terjadi akibat menurunnya fungsi insulin. Biasanya diabetes tipe ini cenderung menyerang orang tua dengan umur lebih dari 40 tahun. Pada beberapa kasus, penderita diabetes tipe 2 bahkan tidak bisa memproduksi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Gejala yang Dialami

Ada beberapa gejala yang bisa dijadikan sebagai diagnose awal ketika seseorang menjjadi penderita diabetes. Gejala ini biasa muncul di awal-awal terkena diabetes dan beberapa orang mungkin tidak akan menyadarinya sebelum periksa ke dokter. Ini dia beberapa gejaladiabetesyang terjadi pada penderita diabetes tipe 1 dan 2lengkap dengan penjelasannya:

1. Kandungan Gula Darah

Ketika diabetes sudah menyerang, dalam tubuh penderitanya khususnya dalam darah akan ada kenaikan kandungan gula. Penderita juga akan memiliki kandungan glukosa di dalam urin yang seharusnya tidak terjadi. Glukosa di dalam urin akan mengakibatkan respon tubuh berupa sering buang air kecil sehingga dalam waktu tertentu sering menyebabkan dehidrasi.

2. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi terjadi akibat kurangnya cairan dalam tubuh dan dalam kasus diabetes terjadi akibat buang air kecil berlebih. Gejala dehidrasi ini bisa terasa dari perasaan haus yang tidak kunjung berakhir dan keinginan untuk konsumsi air terus menerus. Padahal kalau diperhatikan, seorang penderita diabetes sudah mengkonsumsi air dengan jumlah yang cukup.

3. Penurunan Berat Badan

Hormon insulin di dalam tubuh bertugas menjadi zat yang merangsang pengolahan gula menjadi energi. Ketika hormon insulin tidak bekerja dengan benar atau mengalami kekurangan, maka gula yang ada menjadi tidak bisa diolah. Akibatnya tubuh tidak lagi mendapatkan hasil olahan gula sehingga dalam waktu tertentu terjadilah penurunan berat badan.

4. Infeksi yang Semakin Sering

Orang dengan diabetes, akan sering mengalami infeksi khususnya pada bagian kulit yang terluka. Luka cenderung menjadi lebih lama sembuh apalagi jika diabetes yang diderita tidak mendapatkan perawatan yang baik. Infeksi juga bisa menyerang area kandung kemih ataupun area vagina jadi penderita diabetes memang butuh perawatan lebih.

Gejala diabetes seringkali terjadi akibat pola makan yang salah utamanya juga pada orang dengan obesitas atau berat badan berlebih. Jika sudah terjadi gejala seperti di atas, lebih baik jika segera berkonsultasi dengan dokter agar perawatan bisa dilakukan dengan segera.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *