Categories
Tips Sehat

Pentingnya Konsumsi Minyak Ikan Bagi Orang Dewasa

Minyak ikan atau fish oil sering kita jumpai pada suplemen makanan dan juga ikan yang dikonsumsi. Ternyata mengonsumsi minyak ikan yang bagus untuk orang dewasa memiliki banyak manfaat. Karena seiring bertambahnya usia, orang-orang dalam tubuh bekerja lebih keras sehingga asupan nutrisi sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Minyak Ikan

Minyak ikan tinggi akan kandungan omega-3, omega-3 sendiri adalah asam lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh tapi sangat berpengaruh pada kesehatan. Omega-3 bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan atau mengonsumsi makanan laut seperti berbagai jenis ikan. Berikut ini manfaat minyak ikan yang penting untuk anda ketahui:

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Konsumsi minyak ikan yang bagus untuk orang dewasa bermanfaat untuk kesehatan jantung. Karena orang dewasa memiliki tingkat resiko penyakit jantung yang lebih tinggi dibanding anak-anak. Minyak ikan terbukti mampu menjaga dan memelihara kesehatan jantung apabila dikonsumsi secara rutin. Orang yang mengonsumsi minyak ikan secara rutin menunjukkan penurunan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan Kadar Trigliserida

Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit jantung hingga serangan jantung. Minyak ikan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh dengan konsumsi rutin setiap hari.

3. Baik Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya orang dewasa, minyak ikan juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan terbukti mampu mengurangi risiko bayi lahir prematur dan preeklamsia. Minyak ikan juga dapat membantu menaikkan berat badan janin di dalam kandungan.

4. Memperlancar Pembuluh Darah

Minyak ikan mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol serta lemak jahat dalam darah. Minyak ikan memiliki kadar kolesterol baik yang dapat menyerap dan mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Sehingga aliran darah menjadi lebih lancar karena tidak adanya resiko penyumbatan pada aliran darah (aterosklerosis).

5. Mengurangi Kebutuhan Obat Asma

Bagi para penderita asma tentu bergantung pada obat-obatan karena asma dapat sewaktu-waktu kambuh. Rutin mengonsumsi minyak ikan dapat mengurangi ketergantungan pada obat asma pada anak-anak.

Resiko Konsumsi Minyak Ikan

Meski memiliki banyak manfaat, minyak ikan yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan efek samping yang beresiko. Konsumsi minyak ikan yang bagus untuk orang dewasa adalah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Berikut beberapa resiko mengonsumsi minyak ikan yang perlu anda ketahui.

·       Dapat meningkatkan resiko terjadinya pendarahan apabila dikonsumsi lebih dari 3 gr minyak ikan per hari

·       Kadar LDL (low-density lipoprotein) atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat meningkat

·       Memicu penyakit gula darah tinggi bila dikonsumsi berlebihan

·       Beberapa ikan seperti jenis ikan makarel dan ikan tuna memiliki resiko kandungan merkuri meskipun belum pasti apakah juga terdapat dalam kandungan minyak ikan

·       Pada pasien pasca transplantasi jantung, minyak ikan dapat berpengaruh pada ritme jantung

·       Terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan resiko penyakit stroke

·       Dapat menyebabkan reaksi alergi seperti mual, nyeri ulu hati, ruam, dan mimisan

Minyak ikan dalam dosis yang dianjurkan sangat aman dan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga konsumsi suplemen minyak ikan yang bagus untuk orang dewasa disarankan sesuai dengan dosis yang tertera pada label kemasan. Hindari konsumsi minyak ikan apabila memiliki riwayat alergi dan konsultasi dengan dokter terpercaya.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Jovee. Dapatkan rekomendasi suplemen dengan harga terbaik hanya di Jovee. Unduh melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *