Categories
Tips Sehat

Pentingnya Vitamin D Dan Kalium

Osteoporosis adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya mengalami pengeroposan tulang. Penyakit ini dikarenakan penderita kekurangan vitamin D dan kalium, biasanya penderita akan diberikan suplemen untuk penderita osteoporosis. Suplemen yang dibutuhkan ini tentu saja adalah sebuah suplemen yang tinggi kandungan vitamin D dan kalium. Seseorang yang mengalami osteoporosis biasanya akan mengalami masalah pada postur badannya seperti membungkuk.

Hal ini disebabkan karena tulang yang bertugas menopang badan dan membentuk postur mengalami penurunan kualitas sehingga tidak lagi kuat menopang badan. Hal ini sangat wajar karena penderita osteoporosis akan mengalami masalah pada kepadatan tulang mereka yang akhirnya membuat banyak masalah terjadi sehubungan dengan pertumbuhan tulang tersebut.

Waspada Defisiensi Vitamin D

Salah satu penyebab seseorang mengalami osteoporosis adalah karena orang tersebut mengalami defisiensi vitamin D. Defisiensi vitamin D adalah kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan asupan vitamin D sehingga menyebabkan berbagai masalah salah satunya osteoporosis. Karena efeknya sangat berbahaya maka perlu untuk diwaspadai. Orang yang mengalami defisiensi vitamin D biasanya tidak akan merasakan gejala secara langsung.

Defisiensi vitamin D biasanya terasa ketika sudah ada penyakit yang menyerang dikarenakan defisiensi vitamin D ini. Untuk informasi anda, tubuh membutuhkan vitamin D sebesar 15 microgram (mcg) per hari untuk mag anak-anak sampai orang dewasa berumur 65 tahun. Sedangkan di atas umur 65 tahun tubuh direkomendasikan untuk mendapatkan asupan 20 microgram asupan vitamin D. Data ini adalah data dari kementerian kesehatan Indonesia.

Osteoporosis Disebabkan Karena Defisiensi Vitamin D?

Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengalami osteoporosis banyak disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin D. Jika penderita mengalami hal ini biasanya penanganan pertama yang diberikan adalah dengan memberikan suplemen untuk penderita osteoporosis yang memiliki kandungan vitamin D tinggi.

Penyebab Defisiensi Vitamin D

Seseorang bisa mengalami kondisi defisiensi vitamin D dikarenakan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini, namun selain itu juga ada penyebab lain yang membuat orang mengalami defisiensi vitamin D. Berikut adalah penyebab seseorang mengalami defisiensi vitamin D selain karena kurang asupan makanan bervitamin D ;

●      Jarang Terkena Sinar Matahari

Salah satu cara agar anda mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di jam tertentu. Terpapar sinar matahari di waktu yang tepat bisa membuat seseorang mendapatkan vitamin D yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan badan termasuk mencegah osteoporosis. Suplemen untuk penderita osteoporosis biasa dianjurkan untuk orang yang kurang terpapar sinar matahari.

●      Intoleransi Laktosa

Alergi terhadap susu atau biasa dikenal sebagai intoleransi laktosa adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa menerima asupan laktosa. Jika seseorang yang intoleransi laktosa mengkonsumsi susu biasanya akan ada reaksi alergi yang timbul. Padahal susu adalah sumber vitamin D yang sangat baik dan alergi laktosa bisa membuat seseorang mengalami defisiensi vitamin D.

●      Vegetarian

Orang yang sehari-hari hanya mengkonsumsi sayur dan buah-buahan tetapi tidak mengkonsumsi daging atau vegetarian berpotensi besar mengalami defisiensi vitamin D. Hal ini disebabkan karena daging adalah sumber vitamin D yang tinggi.

●      Masalah Pencernaan

Jika terjadi masalah pencernaan biasanya semua makanan yang dikonsumsi tidak akan terserap dengan baik nutrisinya. Hal ini membuat vitamin D yang terkandung pada makanan yang dikonsumsi juga tidak ikut terserap dan akhirnya osteoporosis. Mengkonsumsi suplemen untuk penderita osteoporosis adalah solusi mencukupi kebutuhan vitamin D ini.

Dapatkan suplemen yang tinggi vitamin D sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin D terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *