Categories
Penyakit

Pertanyaan Tentang Pneumonia yang Sering dikeluhkan Pasien

Pertanyaan Tentang Pneumonia

Jika Anda mengalami rasa nyeri pada dada, demam, batuk, sakit kepala, serta kesulitan bernapas. Anda perlu berhati-hati, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit pneumonia. Lalu, seberapa berbahayanya pneumonia untuk tubuh? Berikut ini beberapa pertanyaan tentang pneumonia yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

1. Apa itu Penyakit Pneumonia?

Penyakit ini merupakan infeksi yang menyerang paru-paru dan dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Pneumonia menyebabkan peradangan pada jaringan dan kantung udara di paru-paru sehingga kantung udara tersebut terisi cairan atau nanah. Penyakit ini bahkan disebut dengan Forgotten Killer yang mengakibatkan kematian balita nomor 2 di Indonesia.

Penyakit ini biasanya menyerang semua orang, berapapun usianya. Namun yang paling rentan terserang penyakit ini adalah lansia (usia diatas 65 tahun), anak-anak dan orang dengan imunitas rendah. Meski begitu, Anda wajib mewaspadai penyakit yang satu ini. Jika penyakit ini tidak segera diobati maka akan berakibat fatal dan berujung pada kematian.

2. Apa Saja Gejala Pneumonia?

Setiap jenis pneumonia memiliki gejala yang berbeda. Gejala ini mungkin muncul tiba-tiba dalam waktu 24 jam hingga 48 jam. Secara umum gejala yang biasanya muncul adalah:

  • Nyeri dada saat bernapas atau batuk
  • Batuk yang menyebabkan produksi dahak dan lendir
  • Kesulitan bernapas
  • Kehilangan selera makan
  • Denyut jantung meningkat
  • Demam tinggi dan berkeringat
  • Mual dan diare

Beberapa orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah mungkin mengalami kebingungan dan perubahan mental. Selain itu, Anda juga bisa memiliki suhu tubuh yang jauh lebih rendah dari biasanya. Sedangkan gejala pneumonia pada bayi dan anak lebih sulit dikenali karena umumnya tidak terlihat.

Beberapa gejala pneumonia lain yang kadang muncul, diantara sebagai berikut:

  • Batuk berdarah
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi dan otot
  • Kelelahan

3. Hal Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Pneumonia?

Pneumonia umumnya disebabkan oleh bakteri, virus dan juga jamur yang masuk ke paru-paru. Ini kemudian menyebabkan peradangan di paru-paru. Beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah Streptococcus sp., Mycoplasma sp., Staphylococcus sp., Haemophilus sp., dan Legionella sp.

4. Apa Saja Faktor Resiko Penyakit Pneumonia?

faktor risiko seseorang yang rentan terserang pneumonia, antara lain:

  • Bayi dan anak di bawah usia 2 tahun tersebut karena masih memiliki sistem imun yang masih berkembang
  • Orang yang lebih tua
  • Perokok, karena mengganggu fungsi paru-paru dan merusak sistem kekebalan tubuh
  • Penyakit kronis seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik serta penyakit jantung
  • Sistem kekebalan yang lemah akibat HIV / AIDS, transplantasi organ, kemoterapi untuk kanker, atau penggunaan steroid jangka panjang.

5. Apakah Pneumonia itu Menular?

Pneumonia adalah penyakit yang bisa menular. Hal tersebut karena penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Akan tetapi, tingkat penularannya sangat lambat.

6. Bagaimana Pengobatan Penyakit Pneumonia?

Pengobatan pneumonia biasanya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika bakteri yang menjadi penyebabnya, dokter Anda akan memberi Anda antibiotik. Meskipun pneumonia Anda tampaknya sudah sembuh, jangan berhenti minum antibiotik sampai habis.

Secara keseluruhan, penderita pneumonia menunjukkan respons yang lebih baik setelah mengonsumsi antibiotik selama 1-3 hari. Selain antibiotik, pereda nyeri seperti paracetamol juga dapat membantu meredakan demam yang disebabkan gejala pneumonia dan mengurangi nyeri.

Orang dengan pneumonia yang parah membutuhkan lebih dari sekedar istirahat dan antibiotik yang cukup. Perlu mengkonsumsi lebih banyak obat, dan jika timbul komplikasi atau timbul penyakit baru akibat penyakit yang sudah ada sebelumnya, dokter akan merekomendasikan pasien untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

7. Bagaimana Upaya Mencegah Pneumonia?

Pertanyaan tentang pneumonia yang paling sering dikeluhkan, tentunya mengenai cara yang tepat untuk mencegah kondisi ini. Secara umum beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit pneumonia.

  • Melakukan vaksinasi flu, pertusis dan juga pneumokokus
  • Selalu mencuci tangan setelah beraktivitas
  • Menghindari asap rokok
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan cara olahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan juga mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Itulah beberapa pertanyaan tentang pneumonia yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, sering juga terdapat pertanyaan mengenai biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengobati penyakit pneumonia. Untuk masalah ini sudah pasti hanya dokter dan tenaga medis yang bisa menjawabnya.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *