Categories
Dunia Kesehatan

Punya Berat Badan Yang Ideal, Kenapa Tidak?

Apabila anda berkunjung ke gerai fashion, cukup banyak ditemui berbagai produk fashion yang dijual dengan tampilan yang menawan. Namun, sering kali bila dicoba akan selalu kebesaran atau kekecilan. Hal tersebut bisa jadi salah satunya karena badan yang kurang ideal, padahal itu cukup penting. Tidak hanya wanita, badan ideal pria juga diperlukan untuk dapat menambah rasa percaya diri. Khususnya ketika menggunakan pakaian yang sesuai dengan trend atau kaos yang pas dengan bentuk tubuh.

Selain terlihat menarik, berat badan yang ideal bagi kaum adam membuat tubuh tampak bugar. Hal tersebut juga mengindikasikan badan yang sehat dan bebas dari penyakit, sehingga dapat melakukan aktivitas apa pun dengan nyaman dan aman. Karena pada dasarnya tubuh yang ideal tidak melulu baik untuk penampilan. Akan tetapi dengan berat badan yang ideal, tentunya dapat menghindarkan seseorang dari kemungkinan timbulnya penyakit. Dalam hal ini kasusnya seperti kekurangan nutrisi, yang mana dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Faktor Penyebab Kurang Berat Badan

Terdapat beberapa faktor yang membuat berat badan menjadi tidak ideal, berikut faktornya:

·    Penyakit Celiac dalam tubuh, dimana penyakit ini menyerap nutrisi yang ada dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

·         Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif dalam tubuh.

·         Gangguan pada konsumsi makanan seperti anoreksia nervosa.

·         Mengalami gangguan pada pencernaan, seperti pada penyakit kolitis ulseratif atau Crohn.

·         Mengalami gangguan dalam psikologi seperti depresi atau stres.

Menentukan Berat Badan Ideal

Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan, tentunya harus tahu terlebih dahulu ukuran berat badan ideal pria yang mana dapat diukur melalui perhitungan yang sederhana guna memperoleh angka yang tepat. Perhitungan berat badan dikenal dengan istilah IMT atau Indeks Massa Tubuh, yang mana perhitungan dilakukan dengan membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Contohnya yakni jika berat badan anda yakni :

Berat badan: 65 kg

Tinggi badan: 170 cm

Hasil perhitungan = 65 : (1.70)2 = 22.5

Menurut kategori berat yang didasarkan pada perhitungan IMT, maka dapat diketahui :

·         Berat Badan Kurang: < 18.5

·         Berat Badan Ideal: 18.5-22.9

·         Kelebihan Berat Badan: 23-24.9

·         Obesitas: > 25

Cara Menambah Berat Badan

Setelah mengetahui perhitungan berat badan dengan standar IMT tadi, bila diketahui berat badan masih kurang, maka tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan dijelaskan cara membentuk berat badan ideal pria dengan mudah.

·         Makan makanan yang kaya akan nutrisi. Cara terbaik untuk membentuk tubuh yang ideal adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang. Hal tersebut bisa diperoleh dalam sayuran, buah-buahan, dan sumber protein seperti tempe, tahu maupun daging ayam.

·         Meningkatkan intensitas makan. Guna memperoleh berat badan tubuh yang ideal, maka atur intensitas makan dalam sehari. Usahakan untuk makan dengan porsi sedang 5-6 kali dalam sehari.

·         Menambah kalori. Salah satu poin penting dalam menambah berat badan yakni dengan menambahkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu dapat diperoleh melalui telur dadar, sup ayam hingga roti dan biji-bijian.

·         Rutin berolahraga. Olahraga yang rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan massa otot, sehingga merangsang nafsu makan. berolahraga secara rutin, seperti berlari, berenang, angkat beban dan aerobik dapat dilakukan untuk menambah berat badan.

Demikian tadi informasi menarik tentang berat badan ideal pria. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Cari tahu tentang info kesehatan hanya di Ngovee. Langsung saja unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *